GMF Jalin Kesepakatan dengan KORR Group i

Petugas bersiaga di sekitar hangar PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aeroasia, Tangerang, Banten, 20 September 2017.

Oleh : Thresa Sandra Desfika / GOR | Jumat, 9 Februari 2018 | 19:46 WIB

JAKARTA – PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Tbk meneken kesepakatan strategis dengan KORR Group perihal kerja sama operasi kedua pihak untuk pengembangan fasilitas perawatan pesawat (maintenance, repair, overhaul/ MRO) di Australia.

Kesepakatan ditandatangani oleh Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto dan Direktur KORR Group Bevan Coote di gelaran Singapore Airshow 2018. Iwan menjelaskan, area Australia dipilih karena memiliki potensi pasar perawatan yang cukup tinggi khususnya dalam bidang airline maintenance.

“Dari sisi kualitas, GMF dapat bersaing dengan perusahaan MRO kelas dunia lainnya. Kami butuh eksistensi di tengah pasar agar dapat menyerap pendapatan yang lebih besar lagi,” ungkap Iwan dalam keterangan pers, Kamis (8/2).

Selain itu, GMF menyepakati pula kemitraan dengan GME Aviation yang merupakan grup usaha aviasi di kawasan Timur Tengah. Dalam hal ini, CEO GME Aviation Kalyan mengatakan, pihaknya ingin membawa kapabilitas bersama dengan kualitas milik GMF ke kawasan Timur Tengah. Potensi bisnis yang dapat ditimbulkan dari kerja sama ini adalah senilai US$ 10 juta.

“Hingga tahun 2020 potensi bisnis dapat berkembang hingga lima kali lipat besarnya perawatan pesawat di kawasan Timur Tengah sangatlah menjanjikan dan bermitra dengan GMF merupakan suatu pilihan yang tepat dengan segala kemampuan serta kualitas yang dimiliki oleh GMF,” jelas Kaylan.

GMF juga melakukan kesepakatan kerja sama dengan beberapa instansi pendidikan. Bentuk dukungan dari instansi pendidikan tersebut adalah untuk tenaga kerja di bidang perawatan pesawat terbang. Iwan mengatakan, GMF akan membantu pembentukan silabus sehingga kemudian dapat disetujui oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara.

“Diharapkan setelah lulus, siswanya siap pakai, memiliki basic license, dan bisa langsung bekerja. Nantinya, lulusanlulusan instansi pendidikan ini diproyeksikan untuk dapat membantu proyek-proyek ekspansi GMF,” imbuhnya.

Selain itu, GMF juga menandatangani kerja sama perawatan pesawat militer sipil dengan TNI AU yang dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Yuyu Sutisna bersama Iwan Joeniarto. Melalui kerja sama ini perawatan pesawat jenis Boeing 737 akan diserahkan oleh TNI AU kepada GMF selama lima tahun.

Yuyu mengatakan, kerja sama ini memungkinkan untuk diperpanjang dari kontrak yang sudah ada. “Jika berkembang kemungkinan kerja sama ini dapat diperpanjang. Apabila lingkup pekerjaannya ditambah waktunya juga akan ditambah,” kata Yuyu.



Selengkapnya
 
MORE STORIES