Airnav Targetkan Bangun Menara Baru di 4 Lokasi i

Air traffic Control AirNav Indonesia. GA Photo/Mohammad Defrizal

Oleh : Thresa Sandra Desfika / GOR | Selasa, 13 Februari 2018 | 14:59 WIB

PANGKALPINANG – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI/Airnav Indonesia) menargetkan pembangunan menara baru di empat lokasi selesai tahun ini. Lokasi yang dimaksud ialah Kertajati (Majalengka, Jawa Barat), Semarang, Denpasar, dan Balikpapan.

"Tahun 2018, kami akan menyelesaikan empat tower di Semarang, Balikpapan, Bali, dan Kertajati. Untuk Kertajati kan bandara tersebut juga baru yang ditargetkan untuk beroperasi tahun ini," kata Manajer Humas Airnav Indonesia Yohanes Sirait di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin (12/2).

Seluruh menara tersebut, lanjut Yohannes, mulai dibangun 2016 dengan biaya Rp 145 miliar. Adapun tiga menara baru pengganti di Semarang, Denpasar, dan Balikpapan disiapkan untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada maskapai pelanggan Airnav.

Tahun lalu, Airnav Indonesia juga menyelesaikan empat menara yang tersebar di Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Pontianak. Setiap menara dibangun dengan rata rata biaya Rp 35 miliar.

General Manager Airnav Indonesia Cabang Pangkalpinang Agus Istiarno mengatakan, menara baru di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang mulai dibangun Juli 2016. Fasilitas tersebut selesai pada September 2017 dan mulai beroperasi terbatas pada November 2017.

"Saat ini, menara baru sudah beroperasi sepenuhnya sejak 31 Desember 2017. Tower ini pengganti tower lama yang dibangun 1975. Tower lama sudah tidak kami fungsikan dan kami masih menunggu arahan dari Ditjen Perhubungan Udara terkait tower lama itu," ungkap Agus.

Dia menuturkan, menara baru dibangun untuk mengakomodasi bertambahnya panjang landasan Depati Amir yang sudah mencapai 2.250 meter (m). Ketika menara lama mulai berdiri, dimensi landasan bandara tak lebih dari 1.000 m. Karenanya menara lama sudah tak ideal untuk memantau landas pacu yang sudah bertambah dua kali lipat itu. Landasan Depati Amir juga rencananya bertambah lagi 250 m sehingga akan sepanjang 2.500 m. Menara baru dibangun dengan ketinggian 34 m, sedangkan tinggi menara lama sekitar 15 m.

"Semakin tinggi menara, tentu semakin banyak yang bisa terlihat. Kalau dikaitkan dengan penambahan trafik, peningkatan tower tidak berpengaruh besar karena trafik berhubungan dengan banyak faktor, seperti destinasi wisata," papar Agus.

Airnav Cabang Pangkalpinang rata - rata melayani 50 penerbangan komersial per hari. Selain itu, cabang ini juga memandu sekitar 30 pesawat latih dalam satu hari.



Selengkapnya
 
MORE STORIES