Warga Terdampak Bandara Kulon Progo Dapat Rumah Gratis i

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo didampingi Dirut AP I Faik Fahmi menyerahkan kunci rumah gratis secara simbolik kepada warga terdampak pembangunan Bandara baru Kulon Progo, Senin, 7 Mei 2018.

Oleh : L Gora Kunjana / GOR | Senin, 7 Mei 2018 | 19:25 WIB

KULON PROGO- Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo beserta Direktur Utama Angkasa Pura I hari ini (7/5) secara simbolis membagikan rumah gratis bagi warga terdampak Bandara baru Kulon Progo.

"Rumah ini adalah bentuk wujud keperdulian pemerintah terhadap warga terdampak pembangunan bandara baru. Rumah rumah ini adalah kerjasama Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dan kementerian lainnya," kata Hasto dalam sambutannya.

Lebih lanjut Hasto menyampaikan bahwa ini adalah cara pemerintah yang juga bersama API memanusiakan masyarakat yang terdampak oleh pembangunan,

"Semuanya kita perhatikan, bahkan yang sekarang masih bertahan di sana (area bandara) oleh Angkasa Pura I sudah disewakan rumah untuk ditempati sementara," ujar Bupati Kulon Progo sambil tersenyum ke arah Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi yang juga hadir dalam acara penyerahan kunci rumah bagi warga tersebut.

Pemkab Kulon Progo melanjutkan program relokasi warga dan memberikan 43 unit rumah gratis. "Ini rumah ukuran 36, listriknya 900 watt, sudah ada airnya, ada perabotnya," ujar Bupati dalam acara serah terima rumah bagi warga terdmapak bandara yang juga dihadiri para Kepala desa dan Camat dari masing masing daerah, seperti wilayah Kedundang, Glagah, dan Temon.

"Monggo, warga yang masih bertahan di sana silakan kalau mau kita masih ada 5 unit lagi, nanti kita prioritaskan mereka yang betul-betul kesusahan. Seperti mereka yang difabel, kan ada itu, nah itu kita prioritaskan."

Rumah di kawasan Kedundang, Kulon Progo tersebut tampak indah berdiri, dengan nuansa oranye dan kualitas yang tidak bisa dibilang jelek.

Media yang meliput diberikan kesempatan untuk melihat dan mengikuti prosesi penyerahan kunci sampai ke dalam rumah yang ternyata memang sudah dilengkapi dengan perabotan berupa kursi tamu, meja makan dan kursinya, tempat tidur besar dan tempat tidur tingkat.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I dalam sambutannya kembali menyampaikan betapa pentingnya pembangunan Bandara Kulon Progo tersebut dan efek dari Bandara baru terhadap perekonomian dan pertumbuhan daerah Kulon Progo serta manfaatnya bagi masyarakat.

"Rumah-rumah ini adalah wujud dari upaya kita semua untuk selalu mengedepankan upaya-upaya yang persuasif dan manusiawi," ujar Faik kepada wartawan.

"AP I ditugaskan oleh pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan di Kulon Progo ini sebagai bentuk dari rencana pembangunan yang nyata," tutup Faik.

Sebelumnya Faik Fahmi sebagai Direktur Utama Angkasa Pura I juga menyampaikan bahwa segala upaya untuk merelokasi warga akan dilakukan dalam waktu dekat dengan cara-cara yang bermartabat, humanis dan baik. Pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk pengamanan dan kelancarannya.



Selengkapnya
 
MORE STORIES