Proyek KA Bandara Solo Rampung Februari 2019 i

Landasan Udara Adi Soemarmo.

Oleh : Tri Murti / GOR | Senin, 7 Mei 2018 | 20:36 WIB

SOLO - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo selesai pada Februari 2019.

"Saya tadi habis rapat mengenai KA Bandara Solo sekarang proses penyelesaian tanah. Untuk tender sudah selesai paling lambat Februari 2019 selesai," jelas Menhub Budi kepada awak media saat berada di KA Prameks Solo-Yogjakarta, Minggu (6/5).

Untuk memperlancar proses pembangunan pembebasan lahan, koordinasi dengan beberapa pihak terkait, yaitu TNI Angkatan Udara dan masyarakat akan dilakukan.

"Pembebasan lahan akan dikoordinasikan dengan TNI Angkatan Udara dan masyarakat. Untuk TNI Angkatan Udara akan kami koordinasikan. Sedangkan dengan masyarakat akan dilakukan oleh pemerintah wilayah setempat, sejauh ini Walikota Solo sudah melaksanakan dengan baik sekali," ujar Menhub.

Lebih lanjut, pola antarmoda akan terus dikembangkan untuk mendukung konektivitas dan memenuhi kapasitas pengembangan infrastruktur, khususnya di sektor perhubungan udara.

“Bandara Adi Soemarmo pada tahun lalu naik 30% jumlah penumpangnya, tahun depan bisa naik 30% lagi, PT Angkasa Pura I sudah berencana untuk membangun Bandara Adi Soemarmo menjadi bandara dengan kapasitas yang lebih besar, menjadi 3 juta penumpang per tahun," jelas Budi seperti dikutip dari Antara.

Kemenhub membangun lintasan baru KA Bandara Adi Soemarmo dari Stasiun Solobalapan, Surakarta ke Stasiun Bandara Adi Soemarmo sepanjang 13,5 km. Stasiun Bandara Adi Soemarmo pun masih dalam proses pembangunan dengan progres pencapaian 20%.

Menhub juga menyebutkan, KA Bandara Adi Soemarmo akan dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sedangkan, tarif KA ini akan didukung subsidi dari pemerintah agar bisa terjangkau masyarakat.

Sebelumnya, Budi mengatakan, pembangunan KA Bandara Adi Soemarmo termasuk dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS) hingga 2030, seperti di beberapa bandara di kota-kota lain di antaranya Jakarta, Medan, Padang, Palembang, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Majalengka.



Selengkapnya
 
MORE STORIES