22 Juta Warga Tidak Miliki Rumah, Meikarta Solusi Hunian Murah dan Terlengkap i

pembangunan Meikarta (Sumber: MEIKARTAFOTO)

Oleh : / GOR | Kamis, 15 Maret 2018 | 16:05 WIB

CIKARANG – Saat ini, Indonesia masih memiliki problem kekurangan hunian yang sangat besar. Apalagi ibukota yang menjadi pusat ekonomi Indonesia, hampir 50% warganya tidak memiliki hunian. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017, sebanyak 48,33% tidak memiliki rumah. Jika penduduk Jakarta tahun 2017 mencapai 11 juta jiwa, maka yang belum memiliki lebih dari 22 juta warga.

Selain DKI Jakarta, masih terdapat daerah penyangga ibukota, seperti Jawa Barat 76,83% dan Banten 81,38% yang warganya tidak memiliki hunian. Kondisi ini dipicu oleh berkurangnya lahan untuk hunian, dengan diikuti kenaikan harga lahan yang sangat tinggi mencapai 16% per tahun, sementara upah riil pekerja hanya tumbuh dibawah 10%.

Akibatnya, harga rumah hunian di Jakarta tidak lagi terjangkau, sehingga kelas menengah bawah banyak yang tidak memiliki rumah.

Uuntuk memaksinalkan peningkatan ekonomi Indonesia, saat ini di Cikarang yang dekat posisinya dengan Ibukota Jakar ta sedang dibangun kota baru Meikarta. Kota modern ini pada tahap pertama akan membangun 120.000 hunian yang dipasarkan dengan harga terjangkau, mulai Rp 200 jutaan. Memiliki unit apartemen di Meikarta juga sangat mudah. Pembeli hanya membayar booking fee Rp 2 juta dan selanjutnya uang muka 10%.

Meikarta memiliki ragam tipe unit apartemen yang bisa menjadi pilihan. Anda bisa memilih unit mulai jenis 1 kamar tidur, 2 kamar tidur, hingga 3 kamar tidur. Masing-masing tipe unit tersebut, yakni untuk 1 kamar tidur memiliki luas mulai 32,74 m2, untuk 2 kamar tidur memiliki luas mulai 43,17 m2, dan untuk 3 kamar tidur memiliki luas mulai 70,50 m2.

Meikarta berpotensi nyata menjadi kota raksasa modern yang berada di jantung ekonomi Indonesia karena pembangunan kota ini dinilai strategis karena dikelilingi sejumlah proyek infrasruktur pemerintah yang akan selesai dalam waktu dekat dan kawasan industri yang sedang berkembang pesat.

Meikarta juga dekat dengan proyek kereta light rail transit (LRT). Dengan begitu dari Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi akan semakin mudah aksesnya ke Meikarta. Sementara monorail juga akan melintasi Meikarta dengan menyambungkan kawasan industri dengan kota di sekitarnya. Selain itu, jarak tempuh Jakarta ke Bandung dari Meikarta juga akan semakin cepat hanya 20 menit dengan segera hadirnya proyek kereta cepat Jakarta- Bandung.

Meikarta dibangun memang sangat berbeda dengan kawasan hunian lain. Sebagai kota baru Meikarta dikembangkan dengan lebih inovatif dalam tata kota. Kota ini akan menjadi sangat indah karena dibangun dengan fasilits yang lengkap dan infrastruktur yang memadai. “Saat ini sedang dalam pembangunan 70 tower dari total 200 tower”, kata Ferry Thahir, chief marketing officer (CMO) Meikarta.

Meikarta memang menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan sebuah kota mandiri. Kota ini membangun tujuh pusat perbelanjaan, pusat kesehatan dan rumah sakit internasional, 10 hotel berbintang lima, perpustakaan nasional, 100 SD internasional dan sekolah nasional plus, 50 SMP dan SMA nasional dan internasional, dan tiga universitas nasional. Meikarta akan menjadi kota masa depan yang indah untuk hunian keluarga Anda tercinta. (*)



Selengkapnya
 
MORE STORIES