Hunian untuk Jutaan Komunitas, Meikarta Miliki Banyak Manfaat untuk Indonesia i

Meikarta (Sumber: IST)

Oleh : / GOR | Selasa, 15 Mei 2018 | 23:04 WIB

CIKARANG – Kota Cikarang semakin maju dengan kehadiran Meikarta yang akan menjadi kawasan hunian, pendidikan, pusat riset internasional, hingga pusat kawasan bisnis dan industri nasional. Dengan memiliki banyak keunggulan tersebut, Meikarta miliki banyak manfaat yang mentransformasi lahan kosong menjadi pusat ekonomi tanah air.

Mantan Menteri Perumahan Rakyat kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Suharso menilai proyek yang dikembangkan Meikarta ini sangat menguntungkan negara.

“Jadi keuntungan yang diterima negara dengan adanya Meikarta adalah dari tanah. Bila tanah atau land banking yang tidak digunakan tidak menghasilkan pendapatan daerah atau negara yang cukup besar karena yang dibayar hanya pajak bumi bangunan (PBB) tahunan dan tidak menimbulkan hasil maksimum,” kata Suharso, seperti dilansir dari Investor Daily.

Lebih lanjut Suharso mengatakan ketika tanah menjadi sesuatu atau tanah di daerah tersebut menjadi hunian mau tidak mau PBB akan meningkat dan pasti bakal menguntungkan buat daerah. Maka, pendapatan asli daerah itu akan naik.

“Pasti bisa menghasilkan pendapatan daerah naik dan itu akan menjadi meringankan pusat untuk transfer ke daerah seperti fiskal,” ujarnya.

Suharso juga berharap dengan proyek properti akan memimpin maju ekonomi Indonesia. Sebab, bila properti naik maka daya beli masyarakat mulai tumbuh dan daya beli. Semua itu akan menciptakan banyak keuntungan bagi negara. Pemasukan dari sektor property yang diantaranya bersumber dari penerimaan pajak dari PPN, PPH dan lainnya.

Meikar ta akan memberikan multiplier effect yang sangat besar karena kota ini dihuni jutaan komunitas baru yang akan dibangun sangat modern yang memiliki fasilitas lengkap menggunakan teknologi canggih. Seperti pusat bisnis CBD (Central Business District), pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, pusat riset teknologi, hingga sekolah dan kampus berskala internasional.

Kota baru di Cikarang ini akan berkembang menjadi kota modern yang memiliki fasilitas lengkap. Belum lagi, progress pembangunan infrastr uktur yang dibangun pemerintah juga sangat signifikan kemajuannya. Selain LRT, transportasi ke Cikarang makin lancar dengan dibangunnya pula Mass Rapid Transit (MRT) dari Bekasi hingga Cikarang.

Tidak hanya itu, kereta cepat Jakarta-Bandung, pembangunan tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Pelabuhan Patimban, dan Bandara Internasional Kertajati yang segera diresmikan oleh pemerintah. Dengan menjadi kota berskala internasional, Meikar ta menjadi satu-satunya pilihan investasi property terbaik di Indonesia. Keberadaan lokasinya yang strategis semakin meyakinkan hanya Meikarta pilihan paling tepat untuk berinvestasi. (*)



Selengkapnya
 
MORE STORIES