Matahari Hadirkan Produk Eksklusif Disney i

Merchandising, Marketing & Store Operation Director PT Matahari Department Store Tbk Christian Kurnia (kiri) bersama Country Manager, The Walt Disney Company Indonesia Herry Salim di sela-sela pengumuman kerja sama di Jakarta, Rabu (11/10/2017). Matahari Departement Store dan The Walt Disney Company South Asia bekerja sama multi-tahun untuk membawa berbagai produk eksklusif dan pengalaman berbelanja baru yang menyeluruh ala Disney untuk masyarakat Indonesia melalui seluruh gerai Matahari yang tersebar di Indonesia (First Media/Ocky Anggara)

Oleh : Mardiana Makmun / GOR | Kamis, 12 Oktober 2017 | 17:14 WIB

JAKARTA - Karakter figur produksi The Walt Disney Company, Mini Mouse, Donald Duck, hingga karakter Marvel dan Star Wars banyak disukai berbagai kalangan. Tak hanya anak-anak dan remaja, bahkan orang dewasa pun menyukainya sehingga mengoleksi berbagai bentuk karakter dalam ukuran mini.

“Karakter Disney di Indonesia sangat disukai. Bahkan penjualan retail Disney di Indonesia tumbuh 200% pada tahun-tahun belakangan ini,” ungkap Herry Salim, country manager, The Walt Disney Company Indonesia saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/10).

Besarnya minat masyarakat terhadap karakter figur Disney ini membuat PT Matahari Department Store Tbk berkolaborasi dengan The Walt Disney Company South Asia untuk memberikan pengalaman berbelanja yang spesial di gerai Matahari.

“Kolaborasi eksklusif selama 4 tahun ini akan menghadirkan berbagai produk eksklusif Disney dan pengalaman berbelanja yang mengasyikkan di seluruh 155 gerai Matahari dari Aceh hingga Papua,” kata Christian Kurnia, merchandising, marketing & store operations director PT Matahari Department Store Tbk kepada Investor Daily.

Kebahagiaan Keluarga
Christian mengungkapkan, kolaborasi ini juga memiliki alasan khusus, yaitu ingin mengembalikan keakraban dan kebahagiaan keluarga Indonesia. “Pada era digital ini, anak-anak sibuk bermain gadget dan sudah tidak tertarik lagi berbelanja ke toko.

Sebab, toko pun sudah tidak ada yang menarik. Dengan kolaborasi ini, akan ada area khusus Disney, lengkap dengan patung-patung karakter Disney. Pengunjung bisa menemukan berbagai kategori produk Disney, mulai fashion seperti busana dan sepatu, hingga toys, dan homeware. Anak-anak juga bisa sembari menonton film Disney yang diputar di televisi di area tersebut,” ujar Christian.

Selain produk anak-anak, ada produk untuk remaja dan dewasa. “Jadi, ini memberikan alternatif untuk kebersamaan keluarga,” tambah Christian.

Produk-produk tersebut, kata Christian, eksklusif hanya ada di Matahari. “Kami mendesain khusus produk-produk tersebut dan tentunya sudah mendapat persetujuan dari pihak Disney. Untuk produk fashion misalnya, nanti akan tertulis Disney-Nevada. Nevada adalah fashion brand yang diproduksi Matahari,” papar Christian.

Selain menghadirkan produk terbaik Disney, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. “Untuk toys, harga mulai Rp 70 ribu. Sementara itu, untuk busana di atas Rp 100 ribu. Cukup affordable untuk middle class yang jumlahnya sangat besar di Indonesia yaitu sebanyak 135 juta orang,” ungkap Christian.

Mengapa Matahari bisa menawarkan harga terjangkau? “Kami memiliki jaringan dan volume yang besar sehingga harga bisa terjangkau. Sebagian besar pun produk diproduksi di Indonesia,” kata Christian yang mengungkapkan Matahari akan membuka tiga gerai sampai Desember 2017, di antaranya di Malang dan Sumatera.

Christian optimistis, pasar retail Matahari akan bergairah dengan kolaborasi ini. “Tahun lalu, Matahari membukukan penjualan sebesar Rp17 triliun. Saya optimistis, kolaborasi ini akan meningkatkan revenue Matahari. Apalagi kontribusi penjualan untuk produk remaja di Matahari mencapai 10-12% dan anak-anak 12-13%,” ungkap Christian.



Selengkapnya
 
MORE STORIES