Jasa Marga: Ganjil-Genap di Tol Jagorawi dan Tangerang Lancar i

Ilustrasi jalan tol Tangerang-Merak.

Oleh : Eko Adityo / GOR | Selasa, 17 April 2018 | 11:27 WIB

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengklaim uji coba dua paket kebijakan di ruas tol Jagorawi dan Jakarta- Tangerang (Janger) mulai Senin (16/4) pukul 07-09 WIB berjalan kondusif dan lancar.

"Situasi lalu lintas di GT (gerbang tol) Cibubur 2, GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2 terpantau lancar dan kondusif," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru saat dihubungi Jakarta, Senin (16/4).

Namun, Heru belum merinci lebih detail apakah pada kedua ruas itu terjadi peningkatan kecepatan rata-rata pengguna tol atau tidak. Dia juga belum bisa memerinci berapa volume lalu lintas saat pemberlakukan ganjil genap atau juga perubahan jadwal keberangkatan pengguna.

Yang jelas, kata Heru, situasi lancar dan kondusif ini dikarenakan pihak terkait telah mengerahkan personelnya untuk membantu dan memastikan proses uji coba paket kebijakan tersebut berjalan tanpa kendala.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, uji coba penerapan ganjil dan genap di gerbang tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 adalah bagian dari solusi mengatasi dan mengurangi kemacetan yang biasa terjadi. "Penerapan ganjil dan genap adalah bagian dari kebijakan yang merupakan solusi untuk menyelesaikan masalah kemacetan," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Saeful Rohman mengatakan, uji coba penerapan ganjil genap dimulai sejak pukul 06.00 WIB. Kebijakan tersebut rencananya dilaksanakan secara permanen mulai 1 Mei 2018 mendatang. Ada waktu selama dua pekan untuk melakukan uji coba dan diketahui oleh masyarakat.

"Kebijakan ini dilakukan dalam rangka mengatasi kemacetan di Jakarta yang berasal dari Tangerang karena kendaraan yang masuk dari Tangerang begitu banyak ke Jakarta," ujarnya.

Adapun total kendaraan setiap harinya yang melalui Tol Kunciran 2 mencapai 18 ribu lebih dan Tol Tangerang 2 capai 22 ribu kendaraan. "Jadi ini bagian dari solusi," katanya.

Sedangkan paket kebijakan yang diuji coba di Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang dilakukan di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2, meliputi: Pertama, penerapan skema ganjil-genap di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2 arah Jakarta pada pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin- Jumat, kecuali hari libur nasional.

Kedua, penerapan LKAU dari Tangerang-Kebon Jeruk arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional. Ketiga, pembatasan angkutan barang (Kendaraan Golongan III-V) mulai dari Tol Cikupa-Tomang untuk 2 arah mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.

Keempat, pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Perumahan Citra Raya, Alam Sutra, Villa Melati, BSD City, dan Perumahan Banjar Raya. Bambang sebelumnya menyebut, paket kebijakan yang diuji coba di Jalan Tol Jagorawi dilakukan di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2, meliputi: Pertama, penerapan skema ganjil-genap di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 arah Jakarta, pada pukul 06.00- 09.00 WIB setiap hari Senin- Jumat kecuali hari libur nasional.

Kedua, penerapan Lajur Khusus Kendaraan Umum (LKAU) dari Bogor-Pasar Rebo arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional. Ketiga, pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Legenda Wisata, Citra Grand, Cibubur Country, Metland Transyogi, dan Cibubur Residence.



Selengkapnya
 
MORE STORIES