Ini Cara Menghindari Website Phishing i

Hacker

Oleh : Herman / YUD | Senin, 2 April 2018 | 18:48 WIB
Kategori :

Jakarta - Guna mendapatkan data-data pribadi dalam akun internet banking, penjahat siber kerap mengelabui korbannya dengan menggunakan email dan website phishing. Caranya dengan mengirimkan email yang dibuat seolah-olah berasal dari admin bank agar segera melakukan pembaharuan akun internet banking.

Email tersebut juga berisi tautan yang harus di-klik agar bisa melakukan pembaharuan akun. Ketika di-klik, korban akan diarahkan ke website phishing yang dibuat sangat menyerupai website resmi bank, sehingga membuat korban mudah tertipu.

"Kebanyakan para korban tidak hati-hati membaca alamat situsnya dan hanya sekedar melihat tampilan situsnya saja. Tanpa sadar mereka dengan sukarela membagikan informasi akun internet banking mereka kepada orang lain yang kemudian disalahgunakan," kata praktisi keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, di Jakarta, Senin (2/4).

Agar tidak menjadi korban dari tipuan email dan website phishing, Alfons menyarankan kepada pengguna untuk membentengi perangkat mobile mereka dengan anti virus. Beberapa produk sudah melengkapi layanannya dengan program monitoring anti-phishing. Sehingga ketika penggunanya mengakses website phishing, anti virus tersebut akan memberi peringatan.

"Kalau ada email yang meminta untuk memperbaharui akun internet banking, jangan langsung percaya dan harus benar-benar diteliti. Tidak pernah ada bank atau institusi keuangan yang meminta customernya mengganti username dan password internet banking lewat email," ujarnya.

Alfons juga menyarankan untuk membatasi saldo tabungan yang terhubung dengan internet banking, serta memperhatikan notifikasi transaksi yang biasanya dikirim melalui SMS dan email, sehingga pengguna internet banking bisa cepat mengetahui apabila ada transaksi yang mencurigakan.

"Kalau sering pakai WiFi publik yang rentan disusupi oleh penjahat siber, sebaiknya gunakan aplikasi Virtul Private Network (VPN) yang komersial untuk menjaga kerahasiaan data supaya tidak bisa dicuri," tutur Alfons.



Selengkapnya
 
MORE STORIES