Pabrik Aqua Ciherang Manfaatkan Teknologi Ramah Lingkungan i

Papan panel surya sebagai energi listrik yang digunakan Pabrik PT Aqua Ciherang, Caringin, Kabupeten Bogor, Selasa 10 April 2018.

Oleh : Vento Saudale / CAH | Rabu, 11 April 2018 | 11:01 WIB

Bogor – PT Aqua yang terletak di Ciherangpondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor memanfaatkan teknologi ramah lingkungan dalam memproduksi air mineral kemasan.

Engineering and Technovation Director Danone-Aqua, Budi Hartono Susilo menuturkan, saat ini pabrik Aqua Ciherang telah dikembangkan menjadi pabrik yang betul-betul ramah lingkungan (green factory). Selain melakukan efisiensi air dan energi sebagaimana yang dilakukan pabrik Aqua lainnya, pabrik Ciherang juga telah mengembangkan energi terbarukan dengan memasang solar panel di atas bangunan pabrik.

“Solar panel ini dipasang dengan mengoptimalkan atap pabrik menghasilkan energi sebesar 770 KWp atau dalam setahun menghasilkan 885.000 Kwh yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di pabrik,” katanya saat visitasi bersama media Selasa (10/4).

Instalasi panel surya ini mulai dibangun di pertengahan tahun 2017 dan merupakan proyek pertama di Indonesia yang digunakan untuk konsumsi industri.

Solar panel ini juga mampu mengurangi emisi CO2 sebesar 860 Ton CO2 atau setara dengan pengurangan CO2 yang dihasilkan 15,000 pohon. Dengan instalasi ini Pabrik Aqua Ciherang memanfaatkan sinar matahari yang bersinar bebas menjadi sumber energi terbarukan yang bermanfaat untuk operasional pabrik.

Budi menjelaskan, selain itu dikembangkan juga program panen air Hujan (Rainwater Harvesting). Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Bogor mendorong Aqua Ciherang untuk memasang instalasi khusus untuk memanen air hujan pada kisaran rata-rata 201.000 liter sekali hujan.

“Air hujan itu kemudian dialirkan ke bak penampung untuk dimanfaatkan sebagai kebutuhan domestik, sementara sisanya (overflow) dimasukan ke dalam tanah sebagai bagian konservasi air tanah,” paparnya.

Dari hasil survei dalam setahun hujan yang turun adalah selama 115 hari. Dengan demikian air hujan yang dapat dipanen adalah sebesar 23.115.000 liter setahun. Itu merupakan jumlah air hujan yang cukup signifikan yang dapat dimanfaatkan sebagai penghematan air tanah dan membantu ketersediaan air tanah untuk generasi mendatang.

Program lain yang saat ini sedang berjalan di Pabrik Aqua Ciherang adalah penurunan seminimal mungkin sampah di dalam pabrik yang biasanya akan dibuang ke tempat pembuangan sampah melalui program Zero Waste to Landfill.



Selengkapnya
 
MORE STORIES