DAM Corp Kembangkan Dompet Elektronik Berbasis Blockchain i

Managing Director DAM Corp, Fanny Verona.

Oleh : Herman / WBP | Jumat, 13 April 2018 | 10:52 WIB
Kategori :

Jakarta - Teknologi blockchain saat ini mulai diadopsi untuk berbagai industri. Salah satunya industri finansial. Di Indonesia, Digital Artha Media Corporation (DAM Corp.) merupakan perusahaan financial technology (fintech) pertama yang bisa mengembangkan dompet elektronik atau e-wallet berbasis blockchain. Bahkan beberapa perbankan sudah mulai menjajaki kerja sama dengan DAM Corp untuk bisa dibuatkan produk ini.

“Di kuartal ketiga 2018, ada dua bank yang akan meluncurkan e-wallet berbasis blockchain yang dikembangkan oleh DAM Corp. Produknya kita bangun dari nol berdasarkan permintaan mereka, apa saja fitur-fitur yang ingin dihadirkan,” kata Managing Director DAM Corp, Fanny Verona, di Jakarta, Jumat (13/4).

Fanny menerangkan, blockchain adalah teknologi yang mendasari berjalannya data tanpa bergantung kepada server terpusat, sehingga terhindar dari risiko downtime. Sistem blockchain hadir dengan mengubah pendekatan yang sentralistik menjadi terdesentralisasi. Pada prinsipnya, teknologi blockchain mengkondisikan setiap server yang menjalankan software ini untuk membentuk konsensus jaringan secara otomatis agar saling mereplikasi data transaksi dan saling memverifikasi data yang ada.

“Teknologi blockchain dipakai supaya data tidak tersimpan dalam satu server saja, melainkan disebar di mana-mana, misalnya dalam 10 rangkaian. Jadi kalau ada satu server yang kena hack, dia tidak akan bisa nge-hack yang selanjutnya karena pattern-nya bisa kebaca. Sistem keamanannya lebih berlapis, sehingga data yang tersimpan menjadi lebih aman dan tidak mudah diretas,” ujar Fanny.

Selain mengembangkan e-wallet berbasis blockchain, produk yang dikelola DAM Corp yakni Mandiri e-cash, Line Pay e-cash, dan Wagon. Ini merupakan aplikasi untuk para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) seperti pemilik warung untuk menjalankan usaha PPOB (Payment Point Online Bank).

Dalam waktu dekat, DAM Corp juga akan meluncurkan beberapa produk fintech lainnya seperti Indiepay untuk solusi dompet elektronik, serta Indieprint untuk memudahkan proses mencetak dokumen berbasis cloud yang akan ditempatkan di kampus-kampus.



Selengkapnya
 
MORE STORIES