Indonesia Salah Satu Pengguna Facebook Terbesar Dunia i

Google, Apple, Facebook, and Amazon (GAFA)

Oleh : Yudo Dahono / HA | Jumat, 13 April 2018 | 19:55 WIB
Kategori :

Jakarta - Indonesia merupakan negara yang aktif di media sosial. Berdasarkan data yang dikutip dari laporan Hootsuite pada Januari 2018, dari 132,7 juta pengguna internet sebanyak 130 juta adalah pengguna media sosial yang aktif.

Sementara itu pengguna internet yang menggunakan ponsel berjumlah 177,9 juta dengan pengguna aktif media sosial mencapai 120 juta.

Jumlah pengguna media sosial yang aktif di Indonesia selama satu tahun naik 23% atau 24 juta pengguna jika dibandingkan angka yang sama pada Januari 2017.

Berdasarkan data per Januari 2018 itu, pengguna media sosial yang aktif itu jika dibagi lagi ke dalam platform yang paling sering digunakan maka YouTube berada di posisi pertama dengan persentase mencapai 43%. Sementara itu Facebook ada di posisi kedua dengan persentase 41%.

Yang menarik adalah pengguna Facebook yang jumlahnya sama dengan populasi yang telah terhubung dengan internet yaitu 130 juta.

Angka itu mengalami peningkatan sebesar 23% dibandingkan Januari tahun lalu. Besarnya pengguna Facebook di Indonesia menjadikan warganet di Tanah Air sebagai sasaran yang empuk terhadap kebocoran data yang akhir-akhir ini disorot terhadap Facebook.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga telah memanggil perwakilan Facebook Indonesia untuk meminta klarifikasi terkait penyalahgunaan 1.096.666 data pengguna Facebook di Indonesia yang dilakukan oleh Cambridge Analytica.

"Saya meminta Facebook sesegera mungkin melakukan shutdown atas aplikasi yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, contohnya aplikasi kuis personality test model Cambridge Analytica. Saya juga meminta hasil rencana audit Facebook atas aplikasi-aplikasi yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, jangan sampai nantinya berdampak ke pengguna di Indonesia," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Besarnya populasi warganet Indonesia yang aktif di media sosial membuat faktor keamanan data masyarakat harus menjadi perhatian pemerintah sebagai regulator.



Selengkapnya
 
MORE STORIES