Kartini Abad 21 Harus Melek Digital, untuk Apa? i

Perempuan dan anak-anak selalu terlibat dalam aktivitas gadget dan teknologi. Sebab itu, perempuan harus smart memanfaatkan teknologi digital.

Oleh : Adi Prasetya / NEF | Minggu, 22 April 2018 | 08:40 WIB
Kategori :

Kartini masa kini harus melek digital. Tak hanya itu, kaum perempuan Indonesia harus bisa memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran anak dan keluarga, untuk kegiatan bisnis dan pekerjaan, dan tidak hanya sekadar menjadi gaya hidup semata.

Melihat potensi teknologi digital yang demikian besar bagi perempuan, Sekolah Coding Clevio Coder Camp menggelar Kartini in Tech, hari ini, Minggu (22/4/2018) di Lobby Mal Ciputra, Cibubur Jakarta.

"Di sini, kami tak hanya berbagi pengalaman dan pemikiran, tapi sekaligus menantang para Kartini abad 21 mencoba membuat sendiri karya digital. Bisa aplikasi, bisa games, dalam satu lomba coding cepat. Nah, anak-anaknya bisa mencoba karya games yang dibuat hari itu maupun yang dipamerkan,'' kata Aranggi Sumarjan, penggagas acara Kartini in Tech.

Menurut Aranggi, yang aktivis sekolah coding ini, penggunaan teknologi digital, terutama dengan merebaknya telepon pintar harus dimanfaatkan untuk hal positif oleh perempuan Indonesia, seperti membantu menfasilitasi belajar anak-anak, bisnis dan pekerjaan, maupun bersosialita dengan sesama teman dan kerabat.

"Melalui Kartini in Tech ini, Clevio Coder Camp ingin mengajak perempuan Indonesia abad 21 merayakan semangat Kartini abad 21 dengan berbagi pengalaman bagaimana memanfaatkan teknologi untuk memperdayakan perempuan,'' ujar Aranggi Sumarjan, penggagas Kartini in Tech.

''Nyaris teknologi pintar itu sudah ada di genggaman perempuan dan ortu zaman digital. Nah, di acara ini kita akan kupas bagaimana agar mindset kita juga secerdas gadget, smart memanfaatkan dan memahami teknologi itu secara positig dan produktif,'' kata Aranggi.

Pada sesi seminar, akan hadir sejumlah pembicara, antara lain, Fransiska Oetami ( co founder Clevio Coder Camp), Anantya Van B (Think Web co-md Girld in Tech Indonesia) , Ning Nathan (Penulis Buku Home Learing dan Tuhan Tidak Salah Design), Jane Nawilis (Wakil President Society of Women Enginers), Febhiani Samatha (Founder Cococop Reading Corner).

Kegiatan Kartini in Tech diisi dengan beragam acara mulai dari Seminar tentang memanfaatkan potensi digital bagi perempuan, workshop dan lomba coding mencipta games bagi perempuan, hingga festival dan presentasi edugames karya Kartini cilik Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik bisa langsung datang ke lokasi acara di Lobi Mal Ciputra Cibubur. Acara berlangsung hari ini, Pukul 10.00-17.00 WIB.



Selengkapnya
 
MORE STORIES