Clevio Dorong Kaum Perempuan Lebih Melek Teknologi i

Peserta Fun App Workshop sedang membuat aplikasi di event "Kartini in Tech" yang digelar Clevio Coder Camp di Mal Ciputra Cibubur, Minggu, 22 April 2018

Oleh : Herman / FER | Minggu, 22 April 2018 | 16:05 WIB

Jakarta - Untuk mendorong lebih banyak perempuan mempelajari ilmu teknologi, Clevio Coder Camp sebagai salah satu pionir kursus programing edu-game di Indonesia menggelar sebuah event yang diberi nama "Kartini in Tech".

Event yang digelar di Mal Ciputra Cibubur ini menghadirkan sejumlah acara, salah satunya talk show bersama para Kartini modern di era digital. Pembicara yang dihadirkan antara lain Anantya Van B dari Girl in Tech Indonesia, penulis Ning Nathan, Jane Nawilis dari Society of Women Engineers, dan Febiani Samatha yang merupakan pendiri Cocopop Crafts dan ruangtumbuh.id.

"Ini pertama kalinya Clevio membuat event khusus untuk perempuan. Sebab kita ingin menggerakkan lebih banyak perempuan, terutama anak-anak dan ibu-ibu untuk berkarya di dunia teknologi, apakah itu sebagai programmer, atau memanfaatkan teknologi untuk berbisnis," kata Co-Founder Clevio, Fransiska Oetami, di Mal Ciputra, Cibubur, Minggu (22/4).

Menurut Fransiska, sudah tidak zamannya lagi berpikir kalau dunia teknologi hanya untuk laki-laki. Dalam era teknologi digital seperti saat ini, di mana hampir semua lini kehidupan tidak bisa lepas dari teknologi, perempuan juga harus bisa membuat sebuah produk teknologi, tidak hanya sebagai pengguna saja.

"Dengan makin besarnya penggunaan teknologi dalam kehidupan kita, kalau perempuan hanya sebagai pengguna saja, sementara yang membuat kebanyakan laki-laki, nantinya akan kelihatan ada blindspot. Produk-produk teknologi yang untuk perempuan akan terasa tidak ramah perempuan. Karena kan yang paling mengerti kebutuhan perempuan sebenarnya ya perempuan. Makanya di Clevio, selain membuat program kursus coding untuk anak-anak, kita juga buat program kursus coding untuk ibu-ibu," tutur Fransiska.

Selain diisi dengan talk show inspiratif, event "Kartini in Tech" yang juga banyak dihadiri oleh anak-anak ini juga menghadirkan kegiatan Fun App Workshop. Dalam kegiatan ini, anak-anak diajarkan cara membuat aplikasi hanya dalam waktu dua jam. Ada juga Kids Game Corner, di mana anak-anak bisa bermain gim dan menciptakan gim lewat perangkat komputer.



Selengkapnya
 
MORE STORIES