Aplikasi Layanan Kecantikan Mecapan Resmi Meluncur di Hari Kartini i

Naula Kamila, CEO Mecapan tengah memotong tumpeng tanda peresmian Official Launch Mecapan, di Kantorkuu Coworking Space, Jl. H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jaksel kemarin (21/4).

Oleh : Mashud Toarik / MT | Minggu, 22 April 2018 | 18:21 WIB

Jakarta – Memanfaatkan momen peringatan Hari Kartini yang jatuh pada Sabtu, 21 April 2018, tiga anak muda Indonesia yang terdiri Naula Kamila (22), Syifa Alsakina (22) dan Galih Taufiqurrahman (22) secara resmi meluncurkan aplikasi layanan jasa kecantikan bernama Mecapan.

Mereka mengklaim Mecapan merupakan aplikasi penyedia jasa kecantikan dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi real-time tentang layanan kecantikan melalui 3 fitur utamanya yaitu discovery, online booking dan scheduling.

Aplikasi tersebut dikelola oleh startup bidang teknologi, yakni PT Mecapan Kreasi Indonesia hadir dengan membawa misi untuk membantu wanita dari segala usia untuk mengisi kesenjangan dalam mendapatkan akses jasa kecantikan dengan cara yang lebih efisien.

Naula Kamila, Co-Founder sekaligus CEO Mecapan Indonesia mengatakan, dirinya dan rekan-rekan meluncurkan Mecapan karena melihat permasalahan bahwa tidak semua orang, terutama wanita, punya kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan perawatan kecantikan yang mereka butuhkan.

Selain itu dirinya juga melihat bahwa industri jasa kecantikan Indonesia memiliki potensi luar biasa yang harus diberi dorongan untuk meningkatkan dalam aspek digitalisasi, meningkatkan skill dan knowledge yang dimiliki para pelaku usaha jasa kecantikan, dan membantu mereka mempromosikan nilai jual yang dimiliki.

“Oleh karena itulah aplikasi Mecapan yang bisa diunduh di Google Play dan Apple App Store hadir, untuk membantu wanita menemukan perawatan dan penyedia jasa yang paling sesuai dengan mereka, dan membantu pelaku usaha kecantikan dalam hal digitalisasi dan managemen usaha mereka. Sehingga, industri kecantikan Indonesia bisa semakin bersinar di dalam negeri dan bahkan mancanegara, ”jelas Naula di acara peluncuran Mecapan di Kantorkuu Coworking Space, Jl. H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Kami memperkenalkan aplikasi Mecapan kepada masyarakat dengan slogan yang merupakan visi kami yaitu Breaking Barriers for Beauty, di mana kami ingin menghilangkan berbagai halangan yang ada bagi seluruh wanita untuk menyelesaikan seluruh permasalahannya, untuk menjadi lebih cantik dan percaya diri,” Syifa Alsakina, Co-Founder sekaligus Chief Marketing Officer Mecapan menambahkan.

Naula lebih lanjut memaparkan, Mecapan yang dikembangkan sejak 2017 ini berharap dapat membantu pemberdayaan wanita pada khususnya melalui beauty platform yang menjembatani antara konsumen dengan pelaku bisnis di bidang kecantikan.

Aplikasi booking jasa kecantikan ini menggabungkan penyedia jasa kecantikan home service dan beauty parlor dalam satu aplikasi serta memungkinkan pengguna untuk melakukan request booking terhadap layanan jasa kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka dikarenakan adanya fitur filter berdasarkan lokasi, harga, rating dan review hingga berdasarkan besaran diskon yang diberikan oleh beauty provider.

Melalui aplikasi ini menurutnya, pengguna memiliki pilihan untuk melakukan request booking kepada 2 tipe penyedia jasa kecantikan yang terdapat dalam Mecapan, baik itu home service dimana konsumen dapat memanggil jasa tersebut ketempat yang diinginkan seperti Make Up Artist, Hairstylist, Henna Artist, dan Lash Extention, maupun beauty parlor, dimana konsumen yang akan mendatangi tempat beauty providers seperti Salon, Spa, Klinik, Lash & Brow Studio, Slimming Center, Hair Removal Studio dan Nail Salon.

Selain itu, Mecapan juga mengembangkan fitur filter yang memberikan konsumen kemudahan untuk memilih beauty provider yang diinginkan berdasarkan harga, rating dan review, besaran diskon, serta menyediakan portfolio gallery dari masing-masing beauty provider.

Hal ini dimaksudkan agar memudahkan konsumen untuk memilih jenis treatment yang ingin di booking sesuai dengan jadwal, kebutuhan, lokasi dan keuangan mereka. Dari sisi beauty provider, Mecapan memberikan inovasi baru bagi para penyedia jasa kecantikan dengan kehadiran online booking system, digital transaction record hingga data analytics untuk membantu meningkatkan performa bisnis mereka. Pada peluncuran aplikasinya, Mecapan hadir dengan menggandeng lebih dari 500 beauty providers dan lebih dari 5000 treatment.

Saat ini, aplikasi Mecapan baru mencakup jasa kecantikan di area Jabodetabek, namun sudah direncanakan untuk diperluas hingga ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Kami memulai operasional Mecapan di beberapa daerah terlebih dahulu yang menurut kami memiliki pasar yang paling tepat dan terbesar yaitu Jabodetabek. Setelah itu, kami akan terjun ke berbagai kota besar yang ada di Indonesia yang kemudian akan dilanjutkan dengan ekspansi ke Asia Tenggara,” urai Galih Taufiqurrahman, Co-Founder & Chief Operating Officer dari Mecapan Indonesia.



Selengkapnya
 
MORE STORIES