NASA Akan Terbangkan Helikopter Nirawak di Mars i

Ilustrasi helikopter nirawak di permukaan Mars.

Oleh : Yudo Dahono / YUD | Sabtu, 12 Mei 2018 | 21:34 WIB
Kategori :

Washington - Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana menerbangkan helikopter pertama di planet Mars. Seperti diumumkan, Jumat (11/5), NASA akan membawa helikopter nirawak itu dalam misi Mars 2020 mendatang.

Helikopter nirawak itu akan menjalani tes selama 30 hari setelah tiba di Planet Merah untuk mendemonstrasikan kemampuannya menjelajahi permukaan Mars. Planet Mars memiliki atmosfer yang lebih tipis dibanding Bumi.

"NASA memiliki sejarah membanggakan menjadi yang pertama. Ide mengenai helikopter yang menerbangi angkasa di planet lain adalah mengesankan. Helikopter Mars menjanjikan banyak bagi masa depan ilmu sains, penemuan serta eksplorasi dalam misi ke Mars," kata Administrator NASA Jim Bridenstine.

Helikopter nirawak tersebut memiliki berat di bawah 1,8 kilogram dan hanya sebesar softball. Baling-baling helikopter akan berputar 10 kali lebih cepat dibanding helikopter di Bumi. Putaran 3.000 rotasi per menit diperlukan untuk menjaga helikopter tetap mengambang di dalam atmosfer Mars yang tipis.



Selengkapnya
 
MORE STORIES