Cloud Computing Bantu e-Commerce Analisa Perilaku Konsumen i

Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada menggelar seminar Cloud Computing, di Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.

Oleh : Herman / YUD | Rabu, 16 Mei 2018 | 16:40 WIB
Kategori :

Jakarta - Industri e-Commerce di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini tumbuh sangat pesat. Vice Chairman Indonesia e-Commerce Association (IdEA), Sofian Lusa memaparkan, pada 2012 lalu, total anggota IdEA baru 9 e-Commerce saja. Sementara di tahun ini sudah mencapai sekitar 350 e-Commerce.

"Kalau melihat data, perkembangannya memang pesat sekali. Yang kita lihat, pasar Indonesia memang seksi. Dukungan dari pemerintah juga jelas. Semua berlomba-lomba ingin masuk ke dunia ekonomi digital ini," kata Sofian Lusa, di acara seminar cloud computing di Jakarta, Rabu (16/5).

Menurut Sofian, salah satu kunci untuk membuat industri e-Commerce di Indonesia semakin bertumbuh adalah melalui pemanfaatan teknologi cloud computing sebagai infrastruktur pendukung bisnis. Teknologi ini menurutnya bisa membantu menganalisa perilaku konsumen dengan lebih mudah untuk membantu penerapan strategi bisnis.

"Cloud computing bisa menganalisa behavior konsumen dengan mudah. Sebab di dalamnya ada Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, Internet of Things (IoT), dan lainnya. Ini sangat penting untuk membuat e-Commerce bisa bersaing dengan yang lain," papar Sofian.

Dalam kesempatan yang sama, AWS Technology Evangelist untuk kawasan ASEAN, Donnie Prakoso menyampaikan, pemanfaatan teknologi cloud computing memang memberikan banyak manfaat untuk para pelaku e-Commerce dibandingkan membangun server sendiri.

Salah satu keuntungannya adalah Elasticity, di mana teknologi cloud computing bisa langsung beradaptasi sesuai dengan permintaan. Ketika misalnya permintaan sedang banyak, teknologi ini bisa langsung menyesuaikan, sehingga tidak sampai terjadi gangguan. Selain itu, cloud computing juga dianggap lebih murah, karena hanya membayar sesuai dengan yang digunakan (pay-as-you-go).

"Konsep startup itu kan sebenarnya perlu banyak bereksperimen. Dengan cloud computing, kita bisa lebih mudah bereksperimen dan mendapatkan hasilnya. Kalau gagal, bisa recovery dengan lebih cepat. Selain itu, pemanfatan teknologi ini juga bisa membantu bisnis kita expand lebih cepat," tuturnya.



Selengkapnya
 
MORE STORIES