Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hutan mangrove di Denpasar, Bali. Foto ilustrasi: denpasarkota.go.id

Hutan mangrove di Denpasar, Bali. Foto ilustrasi: denpasarkota.go.id

Jokowi Janji Perlihatkan Taman Hutan Mangrove kepada Pemimpin G20 Tahun Depan

Jumat, 8 Oktober 2021 | 12:22 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan memperlihatkan kepada para pemimpin negara-negara anggota G20, keasrian Taman Hutan Mangrove yang berlokasi di Denpasar Selatan, Provinsi Bali.

Taman Mangrove Forest yang dikenal dengan Taman Hutan Mangrove merupakan salah satu objek wisata menarik yang menghadirkan  suasana alam hijau.  Objek wisata   ini dilengkapi  jembatan kayu (boardwalk) menuju ke tengah hutan dan  dikenal sebagai tempat rekreasi trekking.

“Ini mungkin menjadi salah satu venue yang akan kita perlihatkan kepada para pemimpin G20 tahun depan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai meninjau Taman Hutan Mangrove, pada Jumat (8/10/2021).

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers usai meninjau Taman Hutan Mangrove, pada Jumat (8/10/2021). Sumber: BSTV
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers usai meninjau Taman Hutan Mangrove, pada Jumat (8/10/2021). Sumber: BSTV

Ia mengatakan, pemerintah akan mengaplikasikan  metode  pengembangan tanaman bakau (mangrove)  di daerah lainnya di Indonesia seperti yang  diterapkan  di Taman Mangrove Forest  Denpasar Selatan. Taman Mangrove Forest yang  dibangun sejak tahun 2003,  merupakan tempat percontohan rehabilitasi hutan mangrove di Indonesia, karena  memadukan  pendidikan, pariwisata, dan  penguatan ekonomi masyarakat.

“Model rehabilitasi mangrove seperti yang akan kita replikasi,  kita copy untuk program rehabilitasi mangrove di provinsi-provinsi lain,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengatakan, pola pengembangan ini akan  terus dilakukan, khususnya  di kawasan pesisir pantai untuk memulihkan,  melestarikan kawasan hutan mangrove, dan   mengantisipasi serta memitigasi perubahan iklim dunia, yang terus dan akan terjadi.

“Melalui penanaman mangrove ini kita harapkan bisa mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, juga bisa menghambat intrusi air, dan memperbaiki kualitas lingkungan, baik di lingkungan pesisir maupun habitat di daerah pantai,” katanya.

Presiden Jokowi berharap nantinya  ada peningkatan produktivitas,  baik produksi ikan maupun hasil laut lainnya, utamanya kepiting yang cocok untuk mangrove  dan yang paling akhir adalah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN