Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Joko Widodo saat pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR Tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022. (BeritaSatu Photo/Ruth Semiono)

Presiden Joko Widodo saat pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR Tahun 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022. (BeritaSatu Photo/Ruth Semiono)

30 Juta UMKM Ditargetkan Masuk Ekosistem Digital

Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:45 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus terus didukung agar bisa segera naik kelas. Ia menargetkan 30 juta UMKM akan masuk dalam ekosistem digital pada tahun 2024.

“Digitalisasi ekonomi yang telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn terus kita dorong untuk membantu pemberdayaan UMKM. (Saat ini) 19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024,” kata Jokowi dalam Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Sidang Tahunan RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Joko Widodo: Fundamental Ekonomi RI Terjaga di Tengah Gejolak Perekonomian Global

Jokowi mengungkapkan berbagai bantuan pendanaan murah juga terus dilanjutkan. Begitu juga dengan penayangan produk UMKM di E-katalog pemerintah diharapkan akan menyerap produk UMKM.

“Di saat yang sama, kewajiban APBN, APBD, dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri juga akan terus didisiplinkan,” tegas Jokowi.

Dalam pidatonya, Jokowi juga menegaskan pelaksanaan  semua agenda besar pemerintah harus ditopang oleh manusia yang unggul. Untuk itu, di bidang kesehatan, stunting harus cepat dipangkas. Layanan promotif dan preventif serta layanan pengobatan harus semakin kuat dan merata.

Baca juga: Siap-siap! Jokowi Beri Sinyal Naikkan Harga BBM

“Akses anak usia didik terhadap layanan pendidikan yang berkualitas harus terus diprioritaskan. Para siswa dan mahasiswa harus dikenalkan pada dunia kerja sejak dini. Minat anak di bidang sains, teknologi, seni, dan olahraga harus didukung dan diapresiasi,” terang Jokowi.

Oleh karenanya, lanjut Jokowi, pengajaran budi pekerti yang luhur, ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme merupakan pilar utama.

“Seni dan tradisi lokal dengan semangat kebangsaan harus terus digairahkan. Karya sastra dan film karya seniman muda harus terus didukung. Dana Abadi Kebudayaan akan terus kita tingkatkan sesuai kemampuan fiskal pemerintah,” papar Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Indonesia Mampu Hadapi Krisis Global

Selain itu, dalam pidatonya Jokowi juga menekankan hal-hal terkait reforma agraria, perhutanan sosial,dan sertifikasi tanah harus terus dilanjutkan.

Kemudian, berbagai macam bantuan sosial akan dilanjutkan dengan sinergi yang lebih baik. Program pelatihan dan bantuan untuk para pekerja akan terus ditingkatkan. Program-program ini menjangkau nelayan, petani, buruh, pekerja informal, dan penyandang disabel.

“Tentang disabel, kita baru saja menjadi tuan rumah ASEAN Para Games di Solo, dan alhamdulillah, kita menjadi juara umum,” ujarnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com