Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tropical Generasi Peduli, Tas sekolah dan sepatu dari bahan daur ulang yang diperlihatkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Tropical Generasi Peduli, Tas sekolah dan sepatu dari bahan daur ulang yang diperlihatkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Tropical Go Green Olah Sampah Plastik

Selasa, 2 Agustus 2022 | 05:36 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA,investor.id- PT Bina Karya Prima, salah satu perusahaan fast moving consumer good (FMCG) terbesar sejak 1981 dengan produk minyak goreng Tropical berupaya menjaga lingkungan berkelanjutan. Hal itu diwujudkan perusahaan dalam bentuk tiga usaha, termasuk mengolah sampah plastik menjadi bermanfaat.

"PT Bina Karya Prima memiliki produk minyak goreng dalam botol PET bening 100% yang dapat didaur ulang," kata Senior VP Marketing PT Bina Karya Prima Aristo Kristandyo dalam keterangan tertulisnya yang diterima Investor Daily, di Jakarta, Selasa (2/8).

Advertisement

Dia mengatakan Indonesia menghasilkan hampir 7 juta ton sampah plastik per tahun. Sayangnya hanya sekitar 7% hingga 10% yang berhasil didaur ulang. "Orang banyak tidak tahu bahwa jenis plastik tertentu seperti botol PET didaur ulang dengan laju hampir 70%,” kata dia.

Ia mengatakan melalui gerakan Tropical Go Green, perusahaan berkontribusi dalam bentuk tiga usaha. Pertama, menciptakan kemasan botol plastik siap daur ulang atau di masa datang kemasan yang dibuat dari bahan hasil daur ulang.
Kedua, mendukung sistem pemilahan dan pengelolaan limbah plastik yang baik. Ketiga, memberi dukungan kepada komunitas pengumpul limbah yang harus menanggung dampak buruk dari pengelolaan sampah kurang baik.

Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Bantar Gebang, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Agung Pujo Winarko mengatakan Pemprov DKI Jakarta mendukung gerakan Tropical Generasi Peduli yang digagas dan dilakukan Tropical Go Green. "Membuang sampah sesuai jenisnya akan memudahkan pengolahan dan dapat menghindari penumpukan sampah yang merupakan sumber penyakit serta pencemaran udara,” tutur dia.

Sementara itu, Tropical Go Green menyerahkan sepatu dan tas dari bahan hasil daur ulang sampah plastik pada anak-anak pemulung di Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang Jakarta. Sampah daur ulang itu terkumpul selama periode Mei-Juli 2022.

“Sepatu ini dimaknai agar anak sebagai generasi penerus dapat melangkah meraih cita-cita menuju masa depan lebih baik, sedankan tas ini dimaknai sebagai bekal mereka agar selalu menuntut ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi mereka,” tutur pendiri Sekolah Alam Tunas Mulia, Juwarto.

Editor : Ridho (dhomotivated@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN