Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Harga Cabai dan Bawang Merah Bertahan Tinggi

Jumat, 21 Januari 2011 | 12:27 WIB
Antara

JAKARTA- Harga beberapa jenis cabai dan bawang merah di beberapa pasar di Jakarta masih tinggi karena pasokan kedua komoditas tersebut berkurang akibat penurunan produksi.

Pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, menjual cabai rawit merah dengan harga antara Rp 85 ribu sampai Rp 90 ribu per kilogram, Jumat.

Menurut salah satu pedagang, Suryana (40), harga komoditas tersebut belum turun sejak dua pekan lalu. Namun harga pre kilogram jenis cabai yang lain seperti cabai merah keriting, cabai merah besar, dan cabai rawit hijau tidak naik terlalu tinggi yakni berturut-turut Rp 35 ribu, Rp 23 ribu dan Rp 35 ribu.

Harga bawang merah lokal yang sebelumnya rata-rata Rp 15 ribu per kilogram, menurut penjual bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Pandapotan, sejak dua pekan lalu naik menjadi Rp 23 ribu per kilogram.

"Karena barang lagi sedikit," kata pemilik UD Pandapotan itu sambil menghitung lembaran uang Rp 50 ribuan dan puluhan ribu diantara barang dagangannya.

Beberapa pedagang di Pasar Induk Kramat Jati terlihat menjual bawang merah impor dari Thailand dengan harga Rp 20 ribu per kilogram. "Tapi orang jarang beli yang impor, wanginya beda dengan bawang lokal, mereka lebih suka bawang merah lokal," katanya.

Harga cabai dan bawang merah di Pasar Klender SS, Jakarta Timur, sedikit lebih mahal dibanding di Pasar Induk Kramat Jati dengan selisih harga kurang lebih Rp 1.000 per kilogram.

Menurut data Kementerian Perdagangan per 19 Januari 2011, harga rata-rata nasional cabai merah keriting tercatat Rp 40.535 per kilogram dan harga rata-rata selama 19 hari pertama bulan Januari Rp 43.047 per kilogram.

Ini lebih tinggi dari rata-rata harga komoditas itu selama Desember 2010 yang sebesar Rp 33.652 per kilogram. Sementara harga rata-rata nasional bawang merah tercatat Rp 24.418 per kilogram, lebih tinggi dari rata-rata selama 19 hari pertama bulan Januari yang sebesar Rp 23.609 per kilogram.

Kenaikan harga cabai dan bawang merah membuat konsumen melakukan penyesuaian, antara lain dengan memilih jenis cabai yang lebih murah seperti cabai kering dan mengurangi volume penjualan.

"Penjualan jadi kurang. Biasanya saya sehari bisa jual minimal enam kwintal, sekarang paling 2,5 kwintal sampai tiga kwintal," kata Ani Widarsih, salah satu pedagang cabai di Pasar Induk Kramat Jati.

Pandapotan yang biasa menjual bawang merah sampai lima ton dalam sehari, hanya bisa menjual bawang merah sekitar dua ton sejak harga naik. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN