Menu
Sign in
@ Contact
Search

Kadin: Segera Perbaiki Pelabuhan Perikanan

Selasa, 16 September 2014 | 16:19 WIB
Alex Dungkal dan Emral Ferdiansyah (redaksi@investor.id)

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menginginkan pemerintah segera dapat memperbaiki sarana pelabuhan perikanan untuk dapat meningkatkan produksi sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

"Kami harapkan pemerintah bisa menambah pelabuhan cold storage di sentra-sentra perikanan, kemudian juga dapat mengkaji prospek kerja sama dengan pihak swasta," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan Yugi Prayanto di Jakarta, Selasa.

Selain itu, menurut dia, Kadin juga mengharapkan ada kebijakan khusus terkait permasalahan BBM yang penting untuk operasional nelayan. Apalagi, Kadin juga telah membuat Road Map atau peta jalan sektor kelautan dan perikanan dengan menetapkan sejumlah program dan sasaran.

Ia mengungkapkan, pada sektor perikanan, optimalisasi produksi perikanan budidaya nasional dan produksi perikanan tangkap di ZEEI (Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia) dan Laut Lepas menjadi salah satu bidikan utama.

"Kami targetkan perikanan budidaya dan tangkap nasional bisa mencapai 38,2 juta ton di tahun 2019 dan menjadi salah satu komoditi ketahanan pangan nasional," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan bertekad untuk terus memperkuat sarana di pelabuhan perikanan di berbagai daerah di Tanah Air antara lain guna melancarkan proses pembangunan sistem logistik ikan nasional.

"Sejak digulirkannya program peningkatan kesejahteraan nelayan di tahun 2011, KKP berhasil merealisasikan berbagai capaian positif dalam penguatan sarana dan prasarana di pelabuhan perikanan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo.

Sharif mencontohkan telah dibangunnya pabrik es sebanyak 60 unit, lalu diikuti dengan berdirinya cold storage sebanyak 30 unit dan solar packed dealer nelayan (SPDN) sebanyak 96 unit.

Sementara untuk meningkatkan jiwa wirausaha dan pendapatan nelayan, KKP juga bertekad terus melaksanakan antara lain pembuatan rumah murah serta pekerjaan alternatif dan tambahan bagi keluarga nelayan. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com