Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sapi siap potong. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Sapi siap potong. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Berdikari Bakal Impor 10 Ribu Ton Daging Sapi Brasil

Damiana Simanjuntak, Rabu, 14 Agustus 2019 | 12:42 WIB

JAKARTA, investor.id -Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Eko Taufik Wibowo mengungkapkan, BUMN pangan tersebut bakal mengimpor sekitar 10 ribu ton daging sapi asal Brasil. Pelaksanaan pemasukan direncanakan dimulai per bulan September 2019. Dengan masa pemasukan selama 3 bulan. Selain Berdikari, kata Eko, impor daging sapi juga akan dilakukan oleh Perum Bulog dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia/ PPI (Persero).

Rencana pemerintah membuka impor daging sapi asal Brasil dimulai sejak pemerintah mengirimkan Tim Analisa Risiko ke 10 rumah potong hewan (RPH) calon pemasok pada bulan April 2018.

Eko mengatakan, impor daging sapi asal Brasil diharapkan dapat menjaga iklim perdagangan di antara kedua negara. Apalagi, imbuh dia, menyusul keputusan WTO, Indonesia harus membuka impor ayam asal Brasil.

"Berdasarkan hasil sementara rakortas, pemerintah akan membuka impor daging sapi dari Brasil. Tapi, masih dibatasi untuk BUMN. Sekarang masih menunggu proses dan penugasannya. Setidaknya, ini diharaplan bisa menjadi penyeimbang karena Brasil menang kasus ayam di WTO. Kalau dari sisi kapasitas dan kemampuan, kami sanggup," kata Eko saat acara Ngobrol Pagi Seputar BUMN bersama Berdikari di Jakarta, Rabu (14/8).

Eko menambahkan, untuk proses pemeriksaan dan karantina, serta pemenuhan halal di RPH pemasok, telah selesai dilakukan oleh pemerintah.

"Sudah selesai, sudah clear. Ada 10 RPH, sudah disurvey Kementerian Pemerintah, Karantina. Tinggal eksekusi. Rencana mulai September 2019, kalau lancar. Kami rencananya akan impor 10 ribu ton daging sapi. Kami rencana untuk 3 bulan," kata Eko.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA