Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pemeriksaan sarana  prasarana pencegahan dan penanganan karhutla di perusahaan.

Pemeriksaan sarana prasarana pencegahan dan penanganan karhutla di perusahaan.

Cegah Karhutla Perlu Rawat dan Pantau Kesiapan Perlengkapan

Kamis, 15 Oktober 2020 | 06:42 WIB
Investor Daily

HULU SUNGAI SELATAN, investor.id -  Bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih mengintai. Untuk itu, perlu kesiapan dan kewaspadaan ekstra agar bencana yang dapat merugikan banyak pihak itu tidak terjadi lagi. Karena itulah Kepolisian RI (Polri) sangat serius memastikan agar semua pihak melakukan pencegahan.

 “Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan rekan-rekan di PT SAM dan TBM,” kata Brigjend Pol Hersadwi Rusdiyono, saat melakukan kunjungan lapangan di Kalimantan Selatan, 14 Oktober 2020, tepatnya di PT Subur Agro Makmur (SAM) dan Tribuana Mas (TBM).

Tim Supervisi Karhutla Mabes Polri yang dipimpinnya ini mengaku sangat puas melihat kesiapan perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya karhutla.

Menurut dia, apa yang dilakukan anak perusahaan Grup Astra Agro itu sudah sesuai standar dan sebaiknya dipertahankan terus. Yang tidak kalah penting, semua peralatan, kanal-kanal yang disiapkan, serta semua sarana prasana yang ada agar selalu dipantau kesiapannya. Tujuannya, agar selalu siap untuk digunakan, baik untuk pencegahan maupun penanganan kebakaran.

Brigjend Pol Drs. Hersadwi Rusdiyono, SH foto bersama dengan staff dan team TKTD PT SAM
Brigjend Pol Drs. Hersadwi Rusdiyono, SH foto bersama dengan staff dan team TKTD PT SAM

Dalam kunjungan yang didampingi Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan itu, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Kepolisian RI memang sempat diperlihatkan bagaimana PT SAM dan TBM membentengi perusahaan beserta lingkungan masyarakat sekitarnya dari ancaman karhutla.

Selain menunjukkan kesiapan tim yang bertanggung jawab khusus untuk pencegahan dan penanganan karhutla, pimpinan perusahaan yang diwakili oleh Erwin Ristianto juga menjelaskan langkah perusahaan agar tugas tersebut dapat lebih efektif dan maksimal.

“Untuk tahun ini PT. SAM telah memanfaatkan teknologi drone dalam melakukan pemantauan karhutla,” ujar Administratur PT SAM, Erwin Ristianto.

Peralatan berupa pesawat kecil yang dikendalikan dari jauh ini sudah diuji dan terbukti, menurutnya, memang lebih efektif dan efisien. 

Pemanfaatan drone memang dirasakan sangat membantu para petugas lapangan. Jangkauannya sangat luas dan hasilnya dapat segera disampaikan ke pihak-pihak yang berkepentingan untuk memudahkan melakukan langkah antipasi selanjutnya.

Ketersediaan sumber air juga terus mendapat perhatian dan pemantauan secara berkala agar senantiasa tersedia dan mudah dimanfaatkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tidak hanya itu, bagian yang juga penting dari antisipasi bahaya karhutla adalah pelibatan masyarakat. Dalam melakukan sosialisasi kegiatan pencegahan karhutla, PT SAM dan PT TBM bekerja sama dengan operator seluler.Setiap informasi yang berasal dari tim terkait dengan segala upaya pencegahan disebarkan ke masyarakat luas melalui SMS Broadcast.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN