Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Diperlukan Peningkatan Kinerja Sektor Perikanan

Selasa, 7 Juli 2015 | 10:51 WIB
ah

JAKARTA-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengingingkan berbagai pemangku kepentingan bersinergi dalam melakukan pemetaan permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kinerja sektor perikanan di Tanah Air dengan memanfaatkan momentum perlambatan ekonomi global.

"Pemetaan ini penting sekali untuk kita mampu memanfaatkan momentum perlambatan dunia bagi ekonomi nasional," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto di Jakarta, Senin.

Menurut Yugi, langkah pemetaan sektor perikanan yang harus dilakukan itu antara lain terhadap berbagai hal yang terimbas perekonomian global tersebut seperti sektor perikanan yang menargetkan ekspor.

Selain itu, lanjutnya, pembangunan industri prosesing atau pengolahan perikanan untuk memiliki nilai tambah, juga termasuk rumput laut dan udang, yang nilainya masih tinggi.

Terkait sektor kemaritiman, ujar dia, pihaknya mendorong agar pemetaan masalah distribusi dan perhubungan, penting untuk diformulasikan secara komprehensif atau menyeluruh.

Misalnya, lanjut Yugi, setelah program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim bekerjasama dengan Kadin yang mendukung pemberian sembako dan alat-alat kesehatan selama Juni 2015 lalu, maka perlu dipastikan apakah masih ada program lanjutan ENJ itu kedepan yang akan dijalankan secara bisnis.

"Jika secara bisnis peluangnya ada, kenapa tidak kita lanjutkan dengan kerjasama bersama BUMN yang membangun galangan kapal ataupun membangun pelabuhannya," katanya seperti dikutip dari Antara.

Dengan demikian, ujar Yugi, maka baik BUMN maupun Kadin yang memiliki andil di dalam program itu juga dapat bersinergi dengan baik untuk hasil optimal bagi ekonomi nasional.

Menurut dia, sinergi berbagai pihak sangat diperlukan untuk memperkuat langkah implementasi bersama. Pasalnya, cukup sulit untuk mengandalkan seluruhnya dilakukan oleh kalangan pengusaha, mengingat kondisi perekonomian global yang tengah mengalami kontraksi.

Karena itu, semua pihak terkait harus turun dan berusaha serta berjibaku agar bersinergi membangun perekonomian kemaritiman Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

"Melalui urun rembug silaturahmi ini, kami berharap terjadi peningkatan signifikan dari sektor kelautan dan perikanan serta kemaritiman Indonesia," kata Waketum Kadin.(*/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN