Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bawang Putih

Bawang Putih

Harga Bawang Putih Mulai Turun

TL, Kamis, 9 Mei 2019 | 01:00 WIB

BANDARLAMPUNG – Sejumlah pedagang tradisional di Kota Bandarlampung mengatakan harga bawang putih sudah mulai turun menjadi Rp 43 ribu per kilogram (kg) di tingkat grosir.

"Dua hari ini baru mengalami penurunan, stok juga mulai ada sedikit-sedikit," kata salah satu pedagang di Pasir Gintung, Yuda, di Bandarlampung, Selasa (7/5).

Seperti dilansir Antara, dia menyebutkan, sebelumnya harga bawang putih naik hingga mencapai harga Rp 60 ribu per kg di tingkat grosir dan bawang merah Rp 43 ribu per kg. "Setelah pemilu harga bawang naik dan barang menjadi susah didapatkan, di gudang-gudang juga stok kosong, terutama bawang putih," lanjutnya.

Saat itu, stok bawang putih mengalami kekosongan dan permintaan menjelang Puasa meningkat sehingga mau tidak mau harganya menjadi mahal.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung Adiansyah mengatakan bahwa stok dan harga sembako di pasar-pasar relatif masih aman hingga memasuki Lebaran.

"Memang sudah biasa harga saat menjelang Puasa naik, dan kenaikan itu masih dalam tahap wajar untuk stok juga masih aman hingga kini kecuali ada satu item yang masih tinggi harganya dan stoknya masih dalam perjalanan yakni bawang putih," ujar dia.

Dia mengatakan, sebelumnya harga bawang putih di tingkat eceran masih relatif tinggi mencapai Rp 50 ribu per kg meski harga tersebut sudah turun dari harga sebelumnya yang mencapai Rp 60 ribu per kg.

"Bawang putih ini kan impor jadi ada keterlambatan suplai ke sini, saya sudah cek gudang-gudang tidak ada penimbunan memang kosong di sana," jelas dia.

Menurutnya, untuk menjaga kestabilan harga serta ketersediaan sembako selama Puasapihak Dinas perdagangan telah bekerjasama dengan dinas terkait lainnya serta Bulog Lampung.

"Bersama bulog kita akan gelar pasar murah untuk masyarakat selama lima hari, semoga ini dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat," kata Adiansyah.

Untuk stabilisasi harga, Kementerian Pertanian (Kementan) telah melakukan operasi pasar (OP) di sejumlah titik, terutama di Jabodetabek, dengan harga di tingkat konsumen ditargetkan 30 ribu per kg.

Stok bawang putih nasional yang berasal dari impor selama Puasa hingga Lebaran mencapai 115 ribu ton. Kementan sendiri telah menerbitkan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) bawang putih sebanyak 245 ribu ton kepada 19 importir.  

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN