Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto

Ini Harapan Sektor Kelautan dan Perikanan di 2021

Kamis, 14 Januari 2021 | 13:06 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id - Setelah melewati tahun 2020 yang penuh gejolak dunia dihantam oleh pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mempengaruhi seluruh sendi perekonomian di dunia termasuk Indonesia, sektor kelautan dan perikanan menaruh harapan pemulihan di tahun 2021.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang kelautan dan perikanan Yugi Prayanto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (14/1/2021) memaparkan, dampak Covid-19 yang dahsyat hingga ahli ekonomi menyebutkan butuh waktu agar perekonomian pulih minimal selama ± 2 tahun.

Masa sulit tahun 2020 membuat geliat pasar menurun sehingga ikut menurunkan daya beli. Walaupun begitu sektor perikanan dan kelautan mampu bertahan terhadap kondisi yang sangat sulit di tahun 2020.

Pada tahun 2020 menurut data yang ada ekspor produk perikanan year on year (YoY) naik lebih dari 7% dibandingkan tahun 2019 dan mampu menekan impor produk sektor ini sebesar lebih dari 12% dibandingkan pada tahun sebelumnya sehingga neraca produk perikanan naik lebih dari 9% dibandingkan tahun sebelumnya menunjukkan kekuatan pada sektor kelautan perikanan Indonesia dalam mendongkrak perekonomian nasional di masa sulit akibat dari pandemi Covid -19 yang melanda pada tahun 2020 kemarin.

“Tahun yang baru tahun 2021 merupakan tahun dengan penuh harapan, harapan akan bangkitnya perekonomian nasional. Sektor perikanan merupakan sektor yang sudah menunjukkan daya tahannya terhadap gempuran dari Covid -19 sehingga merupakan sektor usaha nyata yang dapat menjadi ujung tombak utama dalam pemulihan ekonomi nasional,” ujar Yugi Prayanto.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto. Foto:: IST
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto. Foto:: IST

Pergeseran pasar akibat pandemi seakan membawa berkah tersendiri bagi sektor perikanan Indonesia, menurut  Yugi Prayanto, sekaranglah momen terbaik untuk memacu produk dari sektor perikanan Indonesia agar menjadi pemain global yang besar dengan pasar yang luas.

Perubahan tren saat ini semakin menguntungkan produksi sektor perikanan ini yaitu dengan peningkatan penggunaan teknologi yang semakin mendekatkan rantai suplai produk perikanan kepada pasar sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari sektor ini dan peningkatan permintaan akan produk siap olah seperti produk dalam kemasan dan ikan beku.

Walaupun begitu, lanjut dia, semakin banyaknya permintaan maka semakin banyak juga tantangan yang akan dihadapi dan harus menjadi perhatian bersama, beberapa hal yang menjadi perhatian adalah negara-negara tujuan ekspor produk perikanan Indonesia mengetatkan persyaratan keamanan pangan yang akan masuk beberapa diantaranya adalah penerapan prinsip keberlanjutan dan ketertelusuran. Indonesia saat ini perlu fokus terhadap upaya-upaya peningkatan produksi terutama pada sektor perikanan ini. Setidaknya ada tiga yang menjadi fokus utama yaitu perikanan tangkap, budidaya dan hasil olahan.

Tiga fokus utama tersebut menurut  Yugi Prayanto membutuhkan inovasi teknologi dan strategi pemasaran yang baik dalam pengelolaan hasil produksi sektor perikanan, sehingga ada lima komoditas yang dapat digenjot produksinya yaitu udang dan tuna-cakalang sebagai produk unggulan dan rajungan-kepiting, cumi-sotong-gurita dan rumput laut sebagai produk potensial lainnya.

"Harapannya di tahun 2021 ini pemerintah agar dapat ikut meningkatkan promosi ekspor produk perikanan Indonesia terutama pada lima komoditas tersebut dengan memperhatikan tiga fokus utama yang dijadikan dasar pengembangan produk perikanan ini," katanya.

Pasar domestik Indonesia yang besar dan meningkatnya permintaan pasar luar negeri menjadikan tahun 2021 merupakan tahun yang penuh tantangan dan harapan besar sebagai tahun pembuktian Indonesia sebagai negara besar dengan potensi hasil laut yang melimpah. Perlunya persiapan yang matang dalam usaha meningkatkan produk perikanan seperti pada penyusunan kebijakan-kebijakan yang dapat mengakomodir pihak swasta dan pro rakyat.

Perlu aksi nyata yang bergerak dinamis dalam mengikuti tren pasar baik domestik dan luar negeri, serta meningkatkan kerjasama hubungan baik antara pemerintah dan swasta yang didukung oleh masyarakat. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, hasil laut yang melimpah merupakan sebuah fakta yang tidak terbantahkan terbukti dengan kemampuan sektor ini untuk bertahan melalui situasi sulit.

"Momen ini merupakan momen terbaik yang Indonesia punya sudah saatnya Indonesia menunjukkan diri sebagai bangsa besar dan negara terdepan pada sektor kelautan dan perikanan. Sekarang saatnya maju bersama demi Indonesia makmur dan sejahtera," pungkasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN