Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDS), Agus Suherman

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDS), Agus Suherman

KKP: Masyarakat Magelang Perlu Transformasi Budaya dari Makan Daging ke Ikan

Ridho Syukra, Selasa, 3 Desember 2019 | 19:11 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan Kabupaten Magelang perlu melakukan transformasi budaya dari makan daging ke makan ikan dan untuk itu perlu usaha untuk berproses terhadap perubahan tersebut.

“Kenalkan makan ikan dengan program gemarikan kepada anak anak tingkat Paud, TK dan SD, kegiatan ini diharapkan terus berlanjut,” ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Agus Suherman dalam Keterangan Resminya yang diterima Investor Daily, di Jakarta, Selasa (3/12).

Agus Suherman mengatakan hal itu dalam Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada 30 November lalu.

Harkannas yang digelar KKP bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Magelang, dan Pemerintah Provinsi Jateng itu juga dihadiri Sekda Provinsi Jateng, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, DPRD Jateng, Wakil Bupati Magelang, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jateng, dan para pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Wakil Bupati Magelang Edy Cahyana mengatakan bahwa konsumsi ikan pada tahun 2018 Kabupaten Magelang sebesar 19,05 Kg/tahun, masih di bawah provinsi Jawa Tengah sebesar 33,58 Kg/Kapita/Tahun dan masih di bawah Tingkat Nasional yang sebesar 50,69 Kg/Kapita/Tahun.

Berdasarkan data KKP, angka konsumsi ikan Provinsi Jawa Tengah selama 5 tahun 2015 sampai 2019 terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2015 mencapai angka 22,37 Kg/Kapita kemudian pada 2016 mencapai 26,71 Kg/Kapita, pada tahun 2017 mencapai angka 29,81 Kg/Kapita, tahun 2018 mencapai 33,48 Kg/Kapita dan pada tahun 2019 ditargetkan mencapai 36,50 Kg/Kapita.

Kembali ke masyarakat Magelag, Agus Suherman mengatakan bahwa selain perlu adanya perubahan pola makan, perlu juga ada perubahan pola pikir untuk mengubah image bahwa ikan lebih mahal dari daging.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan tahun 2018, angka stunting atau anak tumbuh pendek sebesar 30%, oleh karena itu program Gemarikan menjadi sangat mendesak dilaksanakan untuk mendorong kesadaran dan kesehatan masyarakat dengan ikan sebagai menu utama keluarga.

Selama dua hari pelaksanaan Harkannas, serangkaian acara turut digelar diantaranya Kampanye Gemarikan dalam rangka mencegah stunting di SMAN 1 Mungkid yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal PDSPKP bersama dengan ikatan alumni UNDIP sekaligus memberikan bantuan 800 Kg ikan asap banyar/kembung kepada SMAN I Mungkid dan 7 Pesantren.

Di samping itu ada, Pameran Produk Kelautan dan Perikanan di Lapangan Soepardi Ngentak II Sawitan Mungkid Magelang yang diikuti oleh 22 Kabupaten di Jawa Tengah.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA