Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pemulung mencari sisa-sisa sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, Jawa Barat, Minggu  (28/3/2021). Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Pemulung mencari sisa-sisa sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, Jawa Barat, Minggu (28/3/2021). Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

KLHK Gelar Festival Peduli Sampah

Selasa, 4 Mei 2021 | 12:28 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

Jakarta, investor.id-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Ditjen Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) resmi membuka Festival Peduli Sampah Nasional (FPSN) 2021 yang merupakan pameran virtual tentang pengelolaan sampah yang dapat diakses dan terbuka untuk semua orang. FPSN 2021 akan berlangsung sampai Desember 2021, durasi pameran yang sangat panjang ini untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mengakses informasi tentang pengelolaan sampah.

Selain untuk menjembatani upaya komunikasi, informasi, dan edukasi pengelolaan sampah yang terkendala karena pandemi Covid-19, penyelenggaraan FPSN 2021 juga dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan sampah di Indonesia. Jumlah timbulan sampah yang sangat besar sekitar 67,8 juta ton pada 2020 diproyeksikan terus bertambah seiring pertumbuhan jumlah penduduk dan kesejahteraan masyarakat. Ditjen PSLB3 KLHK menganggap penting untuk mengadakan sebuah kampanye yang dapat menjangkau semua orang, memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengurangi sampahnya, dan mengelola sampah di lingkungannya.

Dirjen PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dan edukasi pengelolaan sampah untuk semua pihak termasuk penyelenggaraan FPSN 2021. Hal-hal praktis dalam upaya pengelolaan sampah dari mulai hulu/hilir dari permasalahan di sumber timbulan sampah, pengurangan dan penanganan sampah sampai dengan pemrosesan akhir sampah ditampilkan dalam pemeran virtual tersebut. “Kami berharap pameran ini dapat menginspirasi semua orang untuk terus mengurangi sampah dan mengelolanya,” ujar dia, Selasa (4/5).

Pameran tersebut akan menampilkan tiga segmen besar pengelolaan sampah, yaitu dari sisi upstream, midstream, dan downstream. Segmen upstream akan menampilkan para produsen yang berkaitan dengan konsumsi sehari-hari yang berpotensi menghasilkan sampah rumah tangga. Kemudian segmen midstream akan menampilkan upaya pemerintah daerah, komunitas, dan para pelaku serta penggiat persampahan yang telah bekerja untuk mengelola sampah mulai dari sumber sampai tempat pemrosesan akhir sementara itu segmen downstream akan menampilkan peralatan dan teknologi penanganan serta pengolahan sampah.

Selama acara pameran FPSN ini berlangsung, KLHK menerima masukan dari masyarakat dan berharap dapat memberikan edukasi. Pameran FPSN diikuti oleh lebih dari 30 peserta dari berbagai institusi mulai dari produsen, pemerintah daerah, kementerian/lembaga, komunitas serta pihak-pihak yang berperan dalam pengurangan dan penanganan sampah. FPSN juga menampilkan materi yang berkaitan dengan pilihan solusi pengurangan serta penanganan sampah yang bisa dilakukan secara praktis sekaligus sebagai salah satu media untuk mengkomunikasikan pengelolaan sampah yang baik dan mudah dikerjakan.

 

Editor : Tri Listiyarini (tri_listiyarini@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN