Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Komisi IV DPR meninjau Unit Praktik Lapang Akuakultur dan Sumber Daya Perairan - Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP)

Komisi IV DPR meninjau Unit Praktik Lapang Akuakultur dan Sumber Daya Perairan - Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP)

Kunjungan Kerja ke Serang, DPR Apresiasi Politeknik AUP.

Sabtu, 21 November 2020 | 19:27 WIB
Investor Daily

SERANG, investor.id - Jajaran Komisi IV DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik ke Provinsi Banten, dan berkesempatan meninjau Unit Praktik Lapang Akuakultur dan Sumber Daya Perairan – Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) yang merupakan salah satu dari tiga lokasi kampus yang dimiliki oleh Politeknik AUP.

Dalam kunjungannya Komisi IV DPR RI memberikan apresiasi kepada Politeknik AUP, sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan pada sambutannya.

“Saya atas nama Komisi IV (DPR RI), mewakili Pak Sudin (Ketua Komisi IV DPR RI), dan mewakili seluruh anggota Komisi IV sangat senang bisa hadir di sini. Tadi disambut oleh drum band, dan cukup surprise karena sebenarnya sih tidak jauh dari Jakarta malah ada kampus yang demikian besar, yang sudah meluluskan begitu banyak siswa (taruna) yang begitu banyak hampir 13.000, ini sudah 52 angkatan dari berbagai daerah, yaitu punya kontribusi yang signifikan untuk perkembangan sektor kelautan dan perikanan,” ujarnya.

“Bang Andi Akmal (anggota Komisi IV DPR RI) dari berbagai pilihan (lokasi kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI), ngotot pilihnya ke sini,” tambah Daniel.

Ketua Tim Kunjungan Kerja, Daniel Johan, dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi atas eksistensi Politeknik AUP yang telah lama berdiri sejak tahun 1962 bahkan sebelum KKP berdiri.  

Komisi IV DPR meninjau Unit Praktik Lapang Akuakultur dan Sumber Daya Perairan - Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP)
Komisi IV DPR meninjau Unit Praktik Lapang Akuakultur dan Sumber Daya Perairan - Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP)

“Apresiasi saya untuk Politeknik AUP yang telah banyak memberikan sumbangsih mendukung program-program kelautan dan perikanan. Kedepannya saya berharap Politeknik AUP dapat terus berkontribusi dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia”, tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, menyampaikan bahwa Politeknik AUP perlu untuk mendapat prioritas dukungan dari seluruh pihak untuk meningkatkan fasilitas pendidikan dan kualitas pembelajaran.

Sementara itu, Direktur Politeknik AUP Ilham mengaku sangat bangga dan bersyukur atas kunjungan DPR Komisi IV tersebut, terlebih dengan apresiasi dan kesan yang baik, yang disampaikan oleh DPR. 

"Politeknik AUP merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan Program Sarjana Terapan dan Pascasarjana Terapan di bidang bidang perikanan", ujarnya.

“Visi kami, insyaallah dalam lima tahun ke depan menjadi top 10 politeknik di Indonesia. Misi senantiasa menjadi rujukan lembaga pendidikan tinggi vokasional kelautan dan perikanan,” tambah Ilham.

Disampaikannya, terdapat tujuh Program Studi (Prodi) di Politeknik AUP. Enam Prodi merupakan Program Sarjana Terapan, yaitu Teknologi Penangkapan Ikan, Permesinan Perikanan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Teknologi Akuakultur, Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Perairan, dan Penyuluhan Perikanan. Adapun satu Prodi lagi merupakan Program Pascasarjana Terapan, yaitu Pengelolaan Sumber Daya Perikanan.

“Alhamdulillah tiga Prodi sudah terakreditasi A,” kata Ilham.

Politeknik AUP memiliki 350 orang pegawai, yang terdiri dari 100 dosen, 150 tenaga kependidikan, dan 100 tenaga kontrak. Jumlah peserta didiknya mencapai 1.646 orang, terdiri dari 1.562 orang Program Sarjana Terapan dan 84 orang Program Pascasarjana Terapan

Terkait sarana dan prasarana pendidikan, Politeknik AUP memiliki dua kapal latih, yaitu KM Madidihang 02 (150 GT) dan KM Madidihang 03 (760 GT).

Menurut Ilham, KM Madidihang 03 merupakan kapal latih terbesar se-Asia Tenggara. Kedua kapal tersebut bersandar di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara.

Selain itu, Politeknik AUP memiliki tiga kampus di Pasar Minggu, Jakarta Selatan; Cikaret, Bogor; dan Karangantu, Serang. Kampus Serang, yang pada kesempatan ini dikunjungi DPR Komisi IV DPR RI, memiliki luas lahan 19,331 ha.

“Kampus Serang adalah kampus lapang. Kampus ini berada di lingkungan masyarakat pesisir. Jadi memang pembelajarannya harus di lingkungan pesisir,” tutur Ilham.

Di kampus Serang, terdapat dua program kegiatan utama yaitu, program kegiatan Akuakultur dan Pengelolaan Sumber Daya Perairan. Program kegiatan Akuakultur antara lain terdiri dari budidaya udang vaname, lele, bawal bintang, lobster, dan kerapu. Program Pengelolaan Sumber Daya Perairan antara lain kegiatan konservasi mangrove, pengabdian masyarakat dan pengelolaan kawasan pesisir.

 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN