Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri LHK Siti Nurbaya

Menteri LHK Siti Nurbaya

HARI LINGKUNGAN HIDUP

Menteri LHK: 4,69 Juta Hektar Lahan Indonesia Sudah Pulih

Sabtu, 5 Juni 2021 | 19:14 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Hari Lingkungan Hidup Sedunia jatuh pada tanggal 5 Juni 2021 dan mengangkat tema “ Restorasi Ekosistem”.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan restorasi ekosistem yang dilakukan Indonesia selama periode 2015-2021 telah berhasil memulihkan lahan terdegradasi dengan luas total sekitar 4,69 juta hektar.

Restorasi ekosistem penting dilakukan untuk mencegah kerusakan lahan dan menjaga kelestarian lingkungan, jika restorasi dilakukan dengan konsisten maka bisa berkontribusi terhadap penurunan emisi gas rumah kaca.

Restorasi ekosistem selama periode 2015-2021 saat ini berupa pemulihan lahan dengan total 4,69 juta hektar dan didalamnya sudah termasuk gambut dan mangrove.

“Peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini harus menjadi momentum untuk perbaikan lingkungan hidup berkelanjutan dan upaya restorasi ekosistem yang dilakukan pemerintah dan melibatkan lapisan masyarakat membuahkan hasil yang manis,” ujar dia ketika memberikan sambutan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Jakarta, Sabtu (5/6).

Indonesia selalu bersemangat dalam memulihkan lingkungan melalui restorasi dan rehabilitasi hutan, keduanya dilakukan agar berkesinambungan dengan target pemerintah untuk mencapai net zero emission paling lama 2060.

Pengelolaan konservasi dan keanekaragaman hayati harus berkelanjutan dan menjadi satu bagian dari pemulihan ekonomi nasional.
Restorasi ekosistem juga dilakukan dalam bentuk izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu restorasi ekosistem, yang dimaksud dengan restorasi adalah memulihkan kondisi hutan yang rusak atau terdegradasi.

Restorasi bisa dilakukan dengan sistem tebang pilih dan tanam kembali, berdasarkan data KLHK, saat ini terdapat 16 unit manajemen restorasi ekosistem di hutan produksi dengan luas 622.821 hektar.

Restorasi ekosistem yang dilakukan pemerintah juga membutuhkan peran masyarakat sekitar kawasan hutan untuk memantau dan juga mengelolanya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN