Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
MUTU International Terima Penghargaan atas

MUTU International Terima Penghargaan atas

MUTU International Terima Penghargaan atas  Dedikasinya Pada Petani Sawit Indonesia dari Jenderal Moeldoko

Jumat, 27 November 2020 | 15:24 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - MUTU International melalui Presiden Direkturnya, Ir. H Arifin Lambaga, MSE, terima penghargaan atas dedikasinya kepada petani kelapa sawit Indonesia dari Kepala Kantor Staf Presiden   Jend. (Purn) Dr. Moeldoko dengan didampingi Ir. Gulat Manurung,MP.

Jend. (Purn) Dr. Moeldoko dan Gulat Manurung, masing-masing adalah Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum, DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO). Asosiasi yang mewadahi para petani kelapa sawit ini, merayakan ulang tahunnya ke-20 pada 25 November 2020, di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Pada kesempatan penyerahan yang dihadiri secara daring oleh Menko Marinves Jenderal (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, dan kehadiran secara langsung, di antaranya oleh Dirjen Perkebunan Dr. Kasdi Subagyono, M.Sc, Staf Ahli Menteri KLHK Prof. Minarni Monoarfa, Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS Dr. Anwar Sunari, maupun perwakilan DPW dari Aceh, Sumut, Bengkulu, Sumsel, Banten, Kalsel, Kalteng, Sulsel, Sulteng, Sultra, Papua Barat dan Kaltara ini, juga diserahkan penghargaan kepada para stakeholder, individu maupun institusi, yang dinilai berjasa besar meningkatkan peran petani kelapa sawit di Indonesia. 

MUTU International, selama ini dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang testing, inspeksi dan sertifikasi untuk berbagai jenis produk maupun sistem manajemen : mutu, lingkungan maupun anti penyuapan, merupakan mitra bagi industri di Indonesia, termasuk petani kepala sawit Indonesia. Perusahaan ini memiliki peran yang sentral dalam menunjang aktivitas ekspor produk-produk Indonesia, ke berbagai belahan dunia. 

Pada kesempatan HUT ke-20 APKASINDO yang bertema “Menuju Petani Sawit Setara dan Berkelanjutan” itu, Presiden Direktur Arifin Lambaga, juga berkesempatan menyerahkan sertifikat ISPO kepada Koperasi Unit Desa Subur Makmur dan Koperasi Himpunan Kerukunan Petani Perkebunan (HKP2).

Sertifikasi ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil), merupakan buah pelaksanaan ketentuan pemerintah Indonesia, yang sejak tahun 2015, mewajibkan seluruh perusahaan sawit yang beroperasi di Indonesia, baik  pengelolaan perkebunan maupun pengelolaan minyak sawitnya, memiliki standar manajamen yang berkelanjutan.

Sedangkan Sertifikasi RSPO (Rountable Sustainable Palm Oil) adalah implikasi penerapan standar internasional yang mewajibkan produsen minyak kelapa sawit, menjalankan pengelolaan perkebunan yang sesuai dengan ketentuan hukum, ekonomi, lingkungan maupun aspek sosial kemasyarakatan. Untuk kedua jenis sertifikasi ini, MUTU International telah berpengalaman dan diakui reputasinya oleh berbagai lembaga akreditasi nasional maupun internasional.

Secara terpisah, Arifin Lambaga menyampaikan, “Dalam pandangan perusahaan kami, keselarasan tatanan masyarakat, lingkungan maupun keberlanjutan usaha merupakan hal mutlak diwujudkan. Melalui sertifikasi ISPO dan RSPO,  bukan hanya memberi perhatian pada dimensi ekonominya saja, akan dibangun sistem untuk mencapai hal tersebut. Kelestarian merupakan perjuangan yang terus kami upayakan”.

MUTU International telah membangun kerjasama dengan APKASINDO sejak beberapa waktu yang lalu, guna mewujudkan pengorganisasian yang kuat bagi petani-petani kelapa sawit. Dan melalui sertifikasi bagi usaha yang dijalankan anggota, upaya sistematis itu dapat diwujudkan, Berdasar informasi yang termuat pada Profil DPP APKASINDO, saat ini APKASINDO mewadahi petani kelapa sawit yang tersebar di 22 propinsi dan 134 kabupaten / kota, mulai dari Nangroe Aceh Darussalam sampai Provinsi Papua.



 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN