Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mangrove. Foto ilustrasi: lestari-indonesia.org

Mangrove. Foto ilustrasi: lestari-indonesia.org

Pemerintah Rehabilitasi 603 Ribu Ha Hutan Mangrove

Minggu, 10 Januari 2021 | 19:46 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan merehabilitasi hutan mangrove seluas 630 ribu hektare (ha) yang rusak di berbagai daerah di Tanah Air.

Saat ini, pemerintah sedang mempersiapkan 5 lokasi di 5 provinsi sebagai lokasi persemaian bibit mangrove.

“Saya telah menginstruksikan untuk 4 tahun kedepan kita akan melakukan rehabilitasi perbaikan hutan mangrove kurang lebih 630 ribu hektare di seluruh tanah air, yang akan kita perbaiki dan tangani sampai tahun 2024,” kata Presiden Jokowi saat berpidato secara virtual pada hari ulang tahun ke-48 PDI Perjuangan dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/1/2021).

Presiden Jokowi secara virtual menghadiri perayaan hari ulang tahun ke-48 PDI Perjuangan dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (10/1/2021).
Presiden Jokowi secara virtual menghadiri perayaan hari ulang tahun ke-48 PDI Perjuangan dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (10/1/2021).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi secara khusus memberikan apresiasi kepada Keluarga Besar PDI Perjuangan yang aktif menanam pohon. Langkah itu dinilai sangat tepat dan sesuai fokus pemerintah untuk melakukan pemulihan lingkungan, rehabilitasi lingkungan, dan implementasinya harus nyata dimulai tahun ini.

“Pemulihan lingkungan ini tidak bisa dilepaskan dari upaya  membangun green economy dan green product,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah sedang mempersiapkan  lokasi pembibitan di sejumlah daerah di Tanah Air.  Selain itu, lanjut Presiden Jokowi, pemerintah juga akan merehabilitasi lahan-lahan yang longsor akibat bencana banjir, tanah longsor, dan lainnya. Disebutkan, lahan-lahan rusak yang tersebar di sejumlah provinsi yang sering longsor akan diperbaiki agar kembali produktif.

“Tahun ini, kita akan membangun nursery, persemaian di lima lokasi, di 5 povinsi,  yang setiap lokasinya akan berproduksi kurang lebih 20 juta benih pohon yang akan kita pakai untuk   merehabilitasi lahan yang sering longsor dan provinsi yang sering banjir. Artinya, kita bisa menghasilkan lebih dari 100 juta bibit pohon,” katanya.

Secara umum,  hutan mangrove berperan melindungi pantai dari erosi dan abrasi. Selain itu, hutan mangrove juga berperan melindungi permukiman penduduk dari terpaan badai dan angin dari laut.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN