Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kebakaran hutan

Kebakaran hutan

Presiden Jokowi: 99% Kebakaran Hutan Ulah Manusia

Senin, 22 Februari 2021 | 20:33 WIB

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, 99% kasus kebakaran hutan di Indonesia akibat ulah manusia, baik yang disengaja atau pun tidak disengaja.

“Sebanyak 99% kebakaran hutan itu adalah ulah manusia, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Ini karena kelalaian,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para peserta Rapat Koordinasi Nasional  Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2/2021).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Presiden Jokowi mengatakan, diperlukan solusi yang permanen untuk mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan  sehingga negeri ini tidak dipermalukan di tingkat Asean karena  kasus itu.

“Dan, motif utamanya selalu satu, ekonomi. Karena saya tahu bahwa pembersihan lahan itu lewat pembakaran adalah cara yang paling murah,” katanya.

Ia mengatakan,  masyarakat harus diedukasi tentang cara-cara untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Namun, edukasi tidak perlu dilakukan kepada perusahaan maupun korporasi.

“Perusahaan, korporasi, tidak. Ini harus ditata ulang  kembali. Cari solusi agar korporasi dan masyarakat membuka lahannya tidak dengan cara  membakar,” katanya.

 

Editor : Hari Gunarto (hari_gunarto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN