Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

RI Penuhi 10% Kebutuhan Sayur Singapura

Antara, Senin, 28 Februari 2011 | 01:12 WIB

JAKARTA- Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, Indonesia telah memenuhi 10% dari ribuan ton kebutuhan sayur di Singapura selama 2010.

"Pada 2010 kemarin, kita sudah mencapai pasokan 10% kebutuhan Singapura atas sayur mayur," kata Hatta setelah mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan kerja di Provinsi Kepulauan Riau, Minggu.

Hatta menegaskan, pemerintah sepakat untuk menjadikan Kepulauan Riau sebagai pusat pertanian, khususnya sayur yang akan diekspor ke Singapura.

Pemerintah berharap keberadaan Kepulauan Riau sebagai sentra pertanian bisa mendongkrak ekspor sayur Indonesia ke Singapura. "Sampai 2014, kita sudah harus meningkatkan di atas 40%," katanya.

Hatta mengatakan, Presiden menugaskan sejumlah peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk meneliti jenis produk pertanian yang cocok dikembangkan di Kepulauan Riau untuk kemudian diekspor ke Singapura.

Presiden juga meminta pejabat setempat untuk membuat rencana pembukaan lahan pertanian khusus untuk produk pertanian unggulan.

Kepala Negara juga mengingatkan agar semua pihak mengutamakan pembangunan wilayah dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

Kunjungan kerja Presiden juga menghasilkan kesepakatan untuk membangun Kepulauan Riau menjadi kawasan terpadu untuk berbagai sektor, antara lain perikanan, bisnis dan pariwisata.

Untuk itu, pemerintah akan membangun sejumlah infrastruktur, khususnya pelabuhan dan jembatan. Hal itu bisa meningkatkan keterhubungan antarpulau di Kepuluan Riau.

Bahkan, menurut Hatta, Kementerian Perhubungan sudah siap memberikan satu unit kapal untuk menunjang keterhubungan antarpulau itu.

Pemerintah juga telah menyiapkan konsep tata ruang Kepulauan Riau yang dianggap bisa mempermudah pencapaian target pemerintah untuk menjadikan provinsi itu sebagai salah satu daya tarik Indonesia.

"Pembahasan tata ruang ini di tingkat kementerian sudah selesai, tinggal dibahas bersama DPR," kata Hatta Rajasa. (ant/gor)

BAGIKAN