Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
TaniHub Group dan Kementerian Koperasi dan UKM memantapkan komitmen bersama

TaniHub Group dan Kementerian Koperasi dan UKM memantapkan komitmen bersama

TaniHub Group dan Kemenkop UKM Terapkan Model Bisnis Korporatisasi pada Petani

Selasa, 24 November 2020 | 09:18 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - TaniHub Group sebagai agritech startup terbesar di Indonesia terus menunjukkan komitmennya untuk memajukan sektor pertanian dan UMKM melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk pemerintah.
TaniHub Group dan Kementerian Koperasi dan UKM memantapkan komitmen bersama melalui pengiriman perdana mangga, bawang  merah dan bawang putih yang berasal dari dua koperasi dan satu kelompok tani binaan Kementerian Koperasi dan UKM kepada TaniHub Group.

Seremoni yang dilakukan di Packing and Processing Center (PPC) Tanihub Group, Malang disaksikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Dalam sambutannya, Teten mengatakan bahwa kondisi petani dan sistem pertanian di Indonesia sangat berbeda dengan luar negeri seperti Belanda, Australia dan New Zealand yang para petaninya telah kuat karena sudah dibentuk koperasi petani.

Sedangkan di Indonesia, para petani masih bekerja secara perorangan dengan skala lahan yang kecil, jika petani dapat tergabung dalam satu kelembagaan seperti koperasi maka koperasi tersebut dapat langsung berhubungan dengan pasar dan petani lebih fokus meningkatkan produksinya dan menghasilkan produk yang unggul karena pemasaran dan pengolahan produk sudah menjadi tanggung jawab koperasi petani.

Kementerian Koperasi dan UKM mendukung dimulainya pilot project untuk model bisnis korporatisasi pertanian dengan TaniHub Group, dalam model tersebut, para petani binaan Kementerian Koperasi dan UKM yang tergabung dalam koperasi petani dapat memasarkan produknya melalui TaniHub serta mendapatkan pembiayaan dari platform peer to peer lending di bawah TaniHub Group yaitu TaniFund dan didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

“Saya berharap model bisnis ini dapat menjadi percontohan corporate farming yang melibatkan petani, koperasi dan juga off taker-nya dan didukung juga oleh sistem pembiayaan yang memungkinkan para petani menjadi lebih bankable terhadap industri keuangan formal,” ujar dia di Jakarta, Selasa (24/11).

Presiden dan Co-Founder TaniHub Group Pamitra Wineka mengatakan pihaknya sangat antusias dan optimistis dalam menyambut kehadiran Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ke Packing and Processing Center (PPC) TaniHub Group yang berlokasi di Malang dan pihaknya siap 100% untuk mendukung semua mitra mitra koperasi dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Kolaborasi ini bukan untuk kepentingan TaniHub Group dan Kementerian Koperasi dan UKM melainkan untuk para petani dan pelaku UKM terkait, dengan berjalannya kerjasama strategis ini produk mereka dapat mengalami kenaikan nilai jual dan  kolaborasi ini juga memperkuat industri dari hulu ke hilir pada sektor pertanian.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN