Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

3.000 Orang Akan Memeriahkan Solo Carnival

Antara, Jumat, 18 Februari 2011 | 14:08 WIB

SOLO- Sebanyak 3.000 orang lebih akan ambil bagian dalam Solo Carnaval yang mengambil tema `Eco Cultural City` yang akan digelar Minggu (20/2) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Solo Ke-266 Tahun.

Melalui Solo Carnaval ini diharapkan juga bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat dalam pelestarian lingkungan, kata Ketua Panitia Pelaksana Solo Carnival Bambang Suhendro, di Solo, Jumat (18/2).

Lingkungan hidup dan kelestariannya merupakan hal yang amat penting dewasa ini dimana pencemaran dan perusakan lingkungan merupakan hal yang sulit dihindari.

Kesadaran masyarakat yang terwujud dalam berbagai aktifitas lingkungan maupun aktifitas kontrol lainnya adalah hal yang sangat diperlukan untuk mendukung apa yang dilakukan pemerintah melalui kebijakan-kebijakan penyelamatan lingkungan, ujarnya.

Melalui bentuk karnaval budaya tentang ekologi lingkungan yang terdiri dari berbagai komunitas yang saling mempengaruhi diantaranya tanah, hutan, sawah, air dan satwa kehidupan dan lain-lain diharapkannya masyarakat mau mengerti akan pentingnya maslah tersebut.

Melaui ini pula diharapkan masyarakat menjaga pentingnya keharmonisan lingkungan di kota Solo dalam kesatuan ekosistem untuk menciptakan Solo Hijau, Bersih, Sejahtera, kata Bambang.

Untuk itu diharapkan kepada masyarakat yang menyaksikan Solo Carnaval ini mau belajar memperhatikan lingkungan hidup, dengan tidak menginjak-injak tanaman bunga yang ada di kiri kanan jalan dan tidak membuang sampah di sembarang tempat, kata Kepala Dinas pariwisata Seni dan Budaya Kota Surakarta Purnomo Subagio.

Solo Carnaval ini akan berangkat dari Lapangan Kota Barat yang dilepas oleh Walikota Surakarta Joko Widodo Minggu (20/2) pukul 14.00 WIB melalui Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di halaman Balaikota Surakarta. Untuk jalan yang dilewati Solo Carnaval mulai pukul 14.00 WIB ditutup total.

Untuk urut-urutan Solo Carnaval yaitu barisan pertama kelompok jatilan, disusul kelompok Reog Ponorogo, terus di belakangnya diikuti oleh 100 orang dari kelompok musik kentongan.

Selanjutnya kelompok air yang terdiri dari peraga air 100 orang, peraga perahu nelayan 60 orang, penari angsa 100 orang, peraga teratai 100 orang, nelayan mencari ikan 50 orang dan kelompok peraga ikan 100 orang.

Untuk selanjutnya diikuti kelompok ekologi taman yang terdiri dari kelompok musik kentongan 100 orang, peraga taman bunga 100 orang, petani perempuan 100 orang, petani membawa cangkul 50 orang, penari kukilo 50 orang, peraga kuda, sapi dan kerbau 30 orang, peraga memedi sawah 100 orang, petani membawa pecut 100 orang dan kelompok wayang padi 100 orang.

Kelompok ekologi hutan terdiri dari kelompok musik kentongan 100 orang, satwa 50 orang, penari merak lima orang, penari kidang 30 orang, penari wanoro 50 orang, kelompok pembawa maket gunung, kelompok manusia pohon 50 orang dan penari jatayu 50 orang.

Dalam kegiatan ini juga melibatkan berbagai kesenian kas daerah yang berasal dari daerah sekitarnya seperti Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Kabupaten Klaten. (ant/hrb)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA