Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Amnesti Pajak Indonesia Tersukses di Dunia

Sabtu, 1 April 2017 | 12:14 WIB
Oleh Nasori

Pengamat pajak dari Danny Darussalam Tax Center (DDTC) Bawono Kristiaji mengakui, program amnesti pajak yang dijalankan Indonesia merupakan yang paling sukses di dunia.

 

“Indonesia berhasil menciptakan rekor baru dunia dalam menjalankan program tax amnesty. Itu tercermin pada jumlah partisipan dan besarnya tebusan,” kata Bawono kepada Investor Daily di Jakarta, kemarin.

 

Menurut dia, partisipan amnesti pajak di Indonesia yang berjumlah sekitar 900 ribu jauh melampaui Negara lain. India yang pada 1997 sukses menjalankan program amnesti pajak hanya bisa menjaring 350 ribu peserta.

 

Jumlah uang tebusan di Indonesia yang mencapai 0,89% terhadap produk domestik bruto (PDB) nominal 2016 itu pun jauh lebih besar dari progam amnesti pajak di negara-negarta lain. Rekor uang tebusan terbesar dipegang Turki yang menjalankan program amnesti pajak pada 2005, dengan total uang tebusan mencapai 0,74% terhadap PDB-nya.

 

“Dana deklarasi di Indonesia bahkan mencapai hampir 40% dari kapasitas ekonomi nasional,” ujar dia.

 

Namun, yang lebih penting, kata Bawono, amnesti pajak harus dilihat sebagai titik balik perhatian publik Indonesia soal pajak. Keberhasilan menjalankan program tersebut menjadi modal sangat penting bagi kepatuhan pajak pada masa mendatang.

 

“Saya pikir, para WP patut diapresiasi. Apresiasi yang paling tepat adalah adanya perlakuan yang tepat sesuai perilaku WP-nya di kemudian hari. Misalnya WP yang selalu patuh diberikan suatu kemudahan dan pelayanan lebih baik dan seterusnya,” papar dia.

 

 

Anggota Komisi XI DPR Mukhammad Misbakhun juga mengakui, program amnesti pajak yang diterapkan Indonesia merupakan yang tersukses di dunia, baik dari sisi jumlah dana deklarasi, maupun dari sisi perolehan dana tebusannya, meski tidak mencapai 100% dari target.

 

“Di tengah kondisi dan situasi ekonomi yang sedang sulit, perolehan tebusan Indonesia adalah yang terbaik di dunia, juga dari sisi repatriasi. Apa yang dicapai Indonesia adalah yang paling sukses di dunia,” tandas dia. (tl)

 

Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/penerimaan-pajak-pesimistis-capai-100/158371

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN