Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

BPJS Ketenagakerjaan Aktif Jaring Pedagang Pasar

Gora Kunjana, Kamis, 16 November 2017 | 15:50 WIB

SOLO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dengan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya dari kalangan pedagang.


"Dalam hal ini kami juga tidak bisa melakukannya tanpa bantuan dari Pemkot Solo," kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surakarta Suwilwan Rachmat di sela peresmian Pasar Klewer sebagai pasar sadar jaminan sosial ketenagakerjaan di Solo, Senin (13/11).


Dia mengatakan, peresmian tersebut menjadi dorongan kuat bagi terselenggaranya program tersebut di kalangan pedagang dan karyawan toko. Menurut dia, berkat dukungan dari Pemkot Solo saat ini Pasar Klewer menjadi satu di antara 11 pasar di seluruh Indonesia yang dijadikan sebagai pasar percontohan sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.


"Bahkan, di wilayah Jawa Tengah dan DIY menjadi satu-satunya pasar yang ditunjuk," kata Suwilwan seperti dilansir Antara.


Berdasarkan data, hingga saat ini ada 606 kios yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, sedangkan dari sisi karyawan dan pedagang jumlahnya 778 peserta.


Dia mengatakan, angka ini masih jauh jika dibandingkan dengan total jumlah pedagang dan karyawan di Pasar Klewer yang saat ini mencapai 1.694 pedagang. "Oleh karena itu, realisasi kepesertaan di Pasar Klewer hingga saat ini belum optimal, sehingga dengan pencanangan ini harapan kami kepesertaan akan selalu meningkat," terang dia.


Suwilwan mengatakan, untuk iuran dari kepesertaan tersebut juga terjangkau, yaitu Rp 8.300/orang/bulan. Untuk manfaat yang berhak diperoleh, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).


"Ada juga jaminan lain yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, yaitu ada Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) tetapi sejauh ini baru JKK dan JKm yang dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada para pedagang," jelas dia.


Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo berharap dengan adanya jaminan tersebut, hati mereka menjadi lebih tenang dan lebih bersemangat dalam bekerja. "Saya kira tidak hanya pedagang dan pekerja di Pasar Klewer, tetapi juga semua pedagang dan pekerja di pasar dan di tempat lain juga harus mendapatkan jaminan sosial," kata dia. (ris)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA