Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Bursa Komoditas, Kapan Indonesia Jadi Tuan Rumah?

Oleh Said Kelana Asnawi, Selasa, 23 September 2014 | 09:39 WIB

Bursa komoditas, disebut juga bursa berjangka atau bursa derivatif, berperan penting bagi perekonomian. Kalau bursa saham berfungsi sebagai sarana pendanaan (struktur modal), bursa komoditas berperan sebagai katalisator pembangunan melalui mekanisme penyediaan informasi harga.

Bursa (pasar) mempertemukan penjual dan pembeli. Adanya bursa membuat transaksi menjadi lebih efisien, karena menghilangkan searching cost. Adanya deal antara penjual dan pembeli juga memberi manfaat bagi kedua pihak. Adanya kepastian harga-jumlah membuat kedua pihak dapat mengelola bisnisnya berdasarkan kepastian.

Melalui bursa komoditas, barang yang diperdagangkan akan mempunyai standar dan berkualitas. Itu berarti barang yang hendak dijual harus memiliki spesifikasi tertentu. Jika penjual/pembeli berstandar global, itu berarti barang tersebut memenuhi kreteria internasional. Upaya untuk terus meningkatkan mutu produk dan daya saing pasar menjadi hal penting dalam hal ini.

Dengan dimasuki oleh berbagai pihak (investor dan hedger), transaksi dilakukan di dalam bursa (multi-lateral), maka harga terbentuk mencerminkan permintaan dan penawaran riil. Harga ini dapat dimanfaatkan untuk menentukan bea keluar oleh pemerintah. Investor dinyatakan pihak yang keluar-masuk bursa dalam jangka waktu pendek dan akan bermanfaat sebagai pihak yang ‘melikuidkan’ bursa. Sedangkan hedger adalah pihak yang bertransaksi untuk jangka waktu panjang (maturity date) disertai dengan pertukaran barang.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di http://www.investor.co.id/pages/investordailyku/paidsubscription.php

BAGIKAN