Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Harapkan Wayang Jadi Opera Kelas Dunia

Anis Rifatul Ummah, Selasa, 17 Desember 2013 | 07:07 WIB

Wayang di Indonesia selalu mengikuti perkembangan zaman, termasuk dari segi bahasa yang kini tidak melulu bahasa daerah. Sifat pertunjukan wayang yang fleksibel memungkinkan kesenian yang mendapat anugerah World Heritage dari UNESCO itu dipentaskan dalam beragam interpretasi, seperti penggunaan bahasa lain, yakni bahasa Indonesia atau Inggris.

Dengan cara itu, wayang diharapkan dapat menjangkau lebih banyak khalayak di dalam negeri maupun internasional. Hal tersebut dikemukakan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dalam sambutan peluncuran buku Gatra Wayang Indonesia di Jakarta, Minggu (15/12).

“Cita-citanya, wayang bisa jadi opera kelas internasional,” harap Sapta. Dia menyebut bahwa wayang sebagai tuntunan sekaligus tontonan karena biasa mengisahkan cerita yang berisi pesan moral. Sapta pun meminta agar pertunjukan wayang mengangkat tema menarik bagi generasi muda.

“Cari topik yang ‘seksi’ buat anak muda biar enggak dianggap wayang buat remaja kolot,” selorohnya.

Wayang berkembang i Nusantara sejak menjadi ritual animisme, sarana penyebaran agama, hingga hiburan. Bentuknya pun bervariasi di berbagai daerah, mulai dari wayang kulit di Surakarta, Yogyakarta, Banyumas, dan
Bali, wayang golek Sunda, wayang Sasak, wayang Palembang, wayang Betawi, hingga wayang orang.

Sebagian dari aneka wajah wayang di Indonesia dikupas dalam buku Gatra Wayang Indonesia yang diluncurkan Minggu pekan lalu. Buku yang ditulis Solichin, mantan ketua Sekretariat Pewayangan Indonesia, itu menuturkan ciri khas dari sebelas jenis wayang Indonesia, seperti bentuk wayang, gaya pagelaran, dan perabotan yang dipakai dalam pentas wayang. (ant)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA