Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pasar Efisien Ala Fama

Oleh Said Kelana Asnawi, Selasa, 15 Juli 2014 | 06:49 WIB

Sekitar 45 tahun lalu, pemenang Nobel Ekonomi 2013, Eugene F Fama, menulis salah satu artikel yang menjadi panduan bagi pemerhati ekonomi keuangan di seantero dunia. Artikel itu berkenaan dengan istilah pasar efisien.

Istilah ini merujuk pada apakah harga pasar saham sudah sesuai atau sudah merefleksikan informasi fundamental berkenaan dengan saham tersebut. Jika sudah, itu bisa dikatakan pasar efisien, dan juga sebaliknya jika tidak. Lalu, informasi manakah yang terefleksi? Fama menyatakan itu bisa berupa informasi harga pasa biasa saja (efisien bentuk lemah), informasi publisitas (sedang), atau dalam bentuk informasi privat/rahasia (efisien bentuk kuat).

Jika Anda bertanya, berapa harga saham besok? Tentunya dugaan terbaiknya adalah dengan melihat harga saham saat ini. Kisaran harga besok adalah kisaran harga saat ini, dan tentunya Anda tidak dapat memastikan apakah besok akan naik atau turun. Istilah kerennya, gerakan itu disebut random walk. Jika Anda tahu pasti, maka Anda akan melakukan posisi profit taking.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di http://www.investor.co.id/pages/investordailyku/paidsubscription.php

BAGIKAN