Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Penjaminan Penuh LPS

Oleh Said Kelana Asnawi, Selasa, 25 November 2014 | 11:16 WIB

Sebuah tabungan sebaiknya dijamin penuh oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) agar seluruh deposan merasa aman 100%. Dengan demikian tidak perlu ada bank panic yang bisa mengganggu kehidupan sosial di masyarakat.


Sekalipun jumlah tabungan di atas Rp 2 miliar sangat kecil, yakni hanya berkisar 0,12%, tetapi nilai rupiahnya masih terbilang sangat besar, berkisar 53,2% dari total tabungan bernilai Rp 3.652 triliun. Perlu dicatat bahwa walaupun pemilik tabungan besar dianggap merupakan pihak yang memahami risiko (informed depositor), tetapi tetap saja mereka tidak akan mampu menerima risiko kehilangan uang tersebut.


Literatur menyebutkan dengan istilah market discipline yang menunjukkan peran dari informed deposan untuk memonitor perbankan. Persoalannya adalah deposan meletakkan uangnya tidak dalam potensi untuk investasi tetapi memang sebagai bagian keharusan dari sistem hidup atau bisnis modern.


Memaksa informed deposan sebagai ‘pelaku monitor’ merupakan konsep yang tidak adil dan menyalahi prinsip tabung-menabung. Tetapi, informed deposan memang dapat memiliki akses informasi/kekuatan yang lebih luas, sehingga mereka dapat saja menggerakkan invisible hand untuk mencegah kerugian yang menimpa dirinya. Hal ini malah dapat menciptakan keburukan baru, yakni intervensi dari keputusan optimal. Campur tangan invisible hand ini justru harus dihilangkan.


Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di http://www.investor.co.id/pages/investordailyku/paidsubscription.php

BAGIKAN