Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Presiden Luncurkan PPh Final UMKM 0.5%

Minggu, 24 Juni 2018 | 09:18 WIB

PPJAKARTA – Presiden Joko Widodo meluncurkan kebijakan tarif Pajak Penghasilan (PPh) final bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar 0,5%, dari ketentuan sebelumnya sebesar 1%.


Revisi tarif ini merupakan wujud keberpihakan pemerintah terhadap UMKM agar pelaku UMKM dapat naik kelas menjadi usaha besar. Sebagai konsekuensi dari penurunan tarif ini, penerimaan negara berpotensi terpangkas Rp 2,5 triliun dalam jangka pendek, namun akan positif dalam jangka menengah-panjang.


Aturan penurunan tarif PPh final bagi para pelaku UMKM itu ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Aturan tersebut berlaku secara efektif mulai 1 Juli 2018. PP No 23 Tahun 2018 ini menggantikan peraturan sebelumnya, yang dituangkan dalam PP Nomor 46 Tahun 2013, yang mengatur besaran tarif PPh final UMKM sebesar 1% dari omzet.


Presiden menjelaskan, saat berkunjung ke daerah dan menemui masyarakat, sering dirinya menerima keluhan seputar beban pajak penghasilan final yang dirasa masih memberatkan para pelaku UMKM.


Untuk itu, dirinya meminta kepada jajaran terkait untuk mencari adanya kemungkinan untuk meringankan beban para pelaku usaha. “Saya perintahkan kepada Menteri Keuangan dan Dirjen Pajak untuk coba hitung lagi, sebetulnya total penerimaan pajak dari usaha kecil, mikro, dan menengah ini berapa? Kemudian kita punya kemampuan berapa untuk memberikan keringanan kepada mereka? Dihitung-hitung ketemunya 0,5%,” kata Presiden di Jatim Expo, Surabaya, Jumat (22/6). (bersambung)


Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/dorong-pelaku-usaha-kecil-berkembang-lebih-besar/177006

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN