Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

PT KAI Operasikan KA Jenggala Mojokerto-Sidoarjo

Alex Dungkal dan Emral Ferdiansyah, Senin, 24 November 2014 | 16:51 WIB

JAKARTA - Setelah selama kurang lebih 40 tahun tidak ada kereta api (KA) yang beroperasi, masyarakat di sepanjang rute Mojokerto-Sidoarjo kini bolehlah gembira dengan dioperasikannya KA Jenggala rute Mojokerto-Sidoarjo pulang pergi (PP). PT KAI mengoperasikan KA Jenggala untuk mengakomodasi kebutuhan transportasi massal yang aman, nyaman, dan bebas macet.


Manajer Humas Daop 8 Surabaya Sumarsono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin mengatakan, pengoperasian KA Jenggala tersebut diselenggarakan sesuai dengan Kontrak Penyelenggaraan Perkeretaapian Angkutan Perintis KA Lintas Pelayanan Mojokerto-Tarik-Tulangan-Sidoarjo No. 215/LLA.KA/XI/2014 dan No. HK.221/XI/1/KA-2014 pada 5 November 2014 antara Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan PT KAI (Persero).


Peluncuran operasional KA baru berjenis Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) buatan PT Inka itu diselenggarakan di Stasiun Sidoarjo pada Senin (24/11) dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.


"Masyarakat sebenarnya sudah dapat menikmati layanan KA perintis ini sejak soft launching-nya, Rabu (12/11) lalu di Stasiun Mojokerto," katanya.


Sumarsono mengatakan, tiket kereta tersebut dibanderol Rp4.000 dengan mekanisme sebagian besar biaya ditanggung oleh pemerintah melalui dana keperintisan.

"Tiket KA Jenggala menggunakan tiket thermal, pelayanan pencetakan tiket KA Jenggala dapat lebih cepat," katanya.


Dia menambahkan dengan adanya KA Jenggala, kini masyarakat di sepanjang rute Mojokerto-Sidoarjo dapat menikmati perjalanan sepanjang 32 kilometer yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 51 menit.


Sumarsono mengatakan terdapat dua set KRDI untuk operasional lintas Mojokerto-Sidoarjo ini yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.


Satu rangkaian KRDI, lanjut dia, terdiri dari empat kereta dengan kapasitas total satu rangkaian sekitar 266 tempat duduk.


Namun, dia menambahkan sesuai ketentuan, KA lokal diperbolehkan mengangkut penumpang hingga kapasitas maksimum 150%.


"Penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman karena selain desain tempat duduk yang empuk dan fasilitas pegangan bagi penumpang berdiri, KA Jenggala juga dilengkapi dengan fasilitas AC," katanya.


Dalam perjalanannya, Sumarsono mengatakan, KA Jenggala ini akan berhenti di beberapa stasiun, yakni Stasiun Mojokerto, Tarik, Tulangan, dan Sidoarjo. Dalam sehari, total jadwal keberangkatan sebanyak enam kali pp.


Sumarsono berharap dengan pengoperasian KA perintis, diharapkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi di sepanjang koridor Mojokerto-Sidoarjo. "Masyarakat yang ingin menggunakan KA ini dapat membeli tiket di stasiun pada hari keberangkatan go show," katanya. (ant/gor)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA