Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Sektor Swasta Diajak untuk Mencapai Pembangunan Berkelanjutan

(gor/ant), Rabu, 24 Oktober 2018 | 21:59 WIB

JAKARTA- Perusahaan swasta diajak untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Pasalanya sektor swasta memiliki peranan yang penting dalam keterlibatan untuk turut mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumatera Utara, dalam acara Seminar Nasional Membangun Kemitraan untuk tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang digagas oleh PTT Exploration and Production Public Indonesia dan MM-Sustainability Universitas Trisakti belum lama ini.

Menurut Musa, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sedang berupaya untuk menyusun dan merencanakan program-program yang berkelanjutan dan untuk jangka panjang. “SDGs atau yang juga dikenal dengan pembangunan berkelanjutan sudah terkandung dan diatur oleh Pemerintah Indonesia dalam rencana pembangunan, dikordinir oleh Bappenas dan didelegasikan pada tiap-tiap Bappeda. Tapi isu-isu ini belum familiar di tengah masyarakat, di sini lah peran untuk disosialisasikan dan beritakan sangat diharapkan,” kata Musa melalui siaran pers belum lama ini.

Musa menambahkan bahwa membangun kemitraan untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan tidak dapat tercapai, jika hanya datang dari pemerintah dan swasta, tetapi juga masyarakat, khususnya yang akan merasakan dampak langsung dari hasil pembangunan berkelanjutan. “Maka dari ini sangatlah penting agar masyarakat di sadarkan akan isu ini,” tambah Musa.

Pada kesempatan tersebut, Musa juga mengajak perusahaan-perusahaan swasta agar terus membangun Corporate Sustainable Responsbility/CSR mereka. Dia menuturkan, CSR tidak selalu harus dalam bentuk dana, namun bisa dalam bentuk fasilitas-fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat, seperti rumah sakit, sekolah dan lain-lain, agar dapat terciptanya dampak yang berkelanjutan.

Sementara, General Affairs Manager PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk bersama-sama pemerintah Indonesia guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan. “Namun kami dari sektor swasta menyadari bahwa untuk mencapai SDGs adalah upaya kolektif dan tidak dapat dilakukan tanpa kolaborasi. Sebagai langkah nyata, PTTEP Indonesia akan mengadakan seminar serupa di kota-kota besar Indonesia, agar semua pemangku kepentingan dapat saling membantu untuk mencapai SDGs. Kami harap di kemudian hari, inisiatif seperti ini juga akan dilakukan oleh sektor swasta lainnya, sehingga betul-betul menciptakan dampak pembangunan yang berkelanjutan,” pungkas Afiat. (man)

BAGIKAN