Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Simalakama Utang

Oleh Said Kelana Asnawi, Kamis, 5 Juni 2014 | 02:20 WIB

Utang dibutuhkan untuk mendanai, baik modal kerja maupun investasi. Utang juga berguna untuk menangkap peluang investasi yang disebabkan oleh keterbatasan modal, dan karena itu memberikan tambahan imbalan bagi pemegang saham. Dua hal di atas hanya benar jika kondisi bisnis dan perekonomian sedang bagus.

Tapi dampak sebaliknya akan terjadi jika kondisi perekonomian sedang dalam keadaan buruk, atau jika estimasi perusahaan tidak terlaksana.

Bagi pemerintah, ukuran besaran utang ditunjukkan oleh debt service ratio (DSR), yaitu besaran rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB). Saat ini, rasio utang Indonesia terhadap PDB sekitar 30%, masih jauh lebih rendah daripada batas yang diperkenankan oleh Undang-Undang Keuangan Negara maupun standar Maastricht Treaty sebesar 60%. Angka ini juga jauh lebih rendah dibandingkan rasio utang terhadap PDB dari negara-negara lain, misalnya Jepang sekitar 243%, Amerika Serikat sekitar 106%, Thailand sekitar 47%, Malaysia sekitar 57%; dan Filipina sekitar 41%.

Peningkatkan rasio utang menunjukkan tambahan utang lebih besar dibanding tambahan aset atau PDB. Ini tentunya tidak serta merta dapat dikatakan buruk, namun harus dinyatakan sebagai kondisi yang memburuk. Artinya, produktivitas dari utang itu tidak sebanding dengan pertumbuhan aset. Jadi, persoalannya bukan utangnya yang harus dikurangi, tapi tata kelola dan nilai guna dari utang tersebut yang harus diperbaiki. Apakah kontribusi utang tersebut bagi negara/perusahaan?

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di http://www.investor.co.id/pages/investordailyku/paidsubscription.php

BAGIKAN