Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Tahun Ini Diharapkan Kurang Lebih Sama

Rabu, 16 Maret 2016 | 13:14 WIB

Sementara itu, Kepala Riset Recapital Securities Andrew Argado berharap kinerja neraca perdagangan Indonesia tahun ini kurang lebih sama dengan tahun lalu. Pada 2015 neraca perdagangan mencatatkan surplus US$ 7,59 miliar.


Menurut dia, rilis data neraca perdagangan awal tahun ini cukup positif, seharusnya hal itu dapat berlangsung hingga akhir tahun ini. “Paling tidak di atas US$ 7 miliar atau sama dengan tahun lalu,” jelas dia.


Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mencapai hal itu pemerintah harus mampu menggenjot ekspor non-migas dan membatasi impor barang konsumsi. Namun, dia menilai pemerintah cukup sulit untuk membatasi impor migas karena kebutuhan migas dalam negeri sudah terukur.


“Jika Indonesia mengharapkan dari ekspor migas cukup sulit, karena harga komoditas saat ini masih rendah. Selain itu, ekspor migas Indonesia masih berupa barang mentah,” kata dia.


Menurut dia, pemerintah jangan terlalu membatasi impor non-migas untuk barang modal dan bahan baku. Sebab, impor barang modal sebenarnya berimplikasi positif pada perekonomian Indonesia.


“Impor barang modal menunjukkan ekspansi dalam negeri berjalan. Impor bahan baku juga bakal berpengaruh positif terhadap sektor riil,” kata dia. (fik/ian/jn)


Baca selanjutnya di

http://id.beritasatu.com/home/fundamental-ekonomi-indonesia-tahun-ini-lebih-baik/141217

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN