Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Tahun Ini Ekonomi Diprediski Naik 5,3%

Kamis, 7 Februari 2019 | 13:03 WIB
Oleh Arnoldus Kristianus dan Triyan Pangastuti

Di sisi lain, Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Adrianto mengemukakan, Indonesia bisa melewati perekonomian tahun lalu dengan cukup baik.

“Pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,17% saat tekanan global meningkat,” tutur Adrianto kepada Investor Daily.

Adrianto menilai perekonomian nasional tahun silam tumbuh sangat berkualitas karena jumlah penduduk miskin turun dan tingkat ketimpangan mengecil. Di samping itu, upaya pemerintah mendorong penyerapan belanja pada 2018 mencapai 99% berperan penting dalam pencapaian tersebut.

“Melihat pertumbuhan PDB tahun 2018, kami masih yakin target pertumbuhan 5,3% tahun ini cukup realistis. Sumbernya terutama dari investasi dan konsumsi masyarakat,” tegas Adrianto kepada Investor Daily.

Dia menjelaskan, tahun lalu investasi tetap bertumbuh walaupun suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7-day Reverse Repo Rate/BI 7-DRRR) naik. Perekonomian masih bergerak aktif dan permintaan dalam negeri masih kuat. Pada saat yang sama, pemerintah tetap harus menjaga kondisi neraca transaksi berjalan (current account).

Tahun ini, kondisi yang lebih baik bisa dialami perekonomian nasional. “Ekspor masih tetap tumbuh, tetapi perlambatan di Tiongkok akan berpengaruh. Karena itu, pasar baru ekspor termasuk diversifikasi ekspor, sangat diperlukan,” ujar dia. (ant/ns/az)


 

Baca selanjutnya di https://id.beritasatu.com/home/pertumbuhan-bisa-lebih-tinggi-karena-bonus-demografi/185192

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN