Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Tol Cipali Bisa Dongkrak Wisata Cirebon

Kamis, 18 September 2014 | 17:23 WIB
Alex Dungkal dan Emral Ferdiansyah

CIREBON - Proyek pembangunan jalan tol yang menghubungkan Cikampek dengan Palimanan (Cipali) diperkirakan bisa mendongkrak usaha wisata Cirebon.

"Jalan tol Cipali akan memudahkan tujuan pengunjung dari Jakarta menuju Cirebon, sehingga wisata lokal bisa meningkat," kata Acun, salah seorang pengelola wisata di Cirebon, Kamis.

Menurut dia, selama ini pengunjung dari Jakarta-Cirebon terhambat di jalan Pantura, karena tingginya volume kendaraan menjadi penyebab kepadatan arus lalu lintas, sementara kereta api yang tersedia masih kurang diminati.

Mudahnya jalan penghubung dari Jakarta melalui tol Cipali, kata dia, akan menguntungkan sejumlah daerah di Cirebon, seperti Kuningan, Majalengka dan Indramayu.

Agus salim, salah seorang pengusaha mengatakan, jalan tol Cipali akan berdampak positif karena bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi wilayah tiga Cirebon, meliputi Majalengka, Indramayu, Kuningan dan Kota Cirebon.

"Diperkirakan setelah jalan tol Cikampek-Palimanan beroperasi Kota Cirebon akan menjadi urutan kedua kota teramai di Jawa Barat, setelah Bandung,"katanya.

Dikatakan, selain pembangunan proyek jalan tol Cipali akan membantu percepatan ekonomi Cirebon di berbagai sektor, jalur ganda kereta api cukup berpotensi mengembangkan dunia pariwisata.

Pembebasan lahan

Sementara itu diberitakan sebelumnya pembebasan lahan untuk proyek jalan tol Cipali di Majalengka yang dimulai tanggal 6 Juli 2013 tuntas di hari ketiga, 8 Juli 2013, sesuai dengan target semula dan berlangsung secara kondusif. Rencananya, jalan tol ini dikoneksikan dengan bandara bertaraf internasional yang akan dibangun di Kecamatan Kertajati.
 
Dikatakannya, Ketua Tim Pembebasan Tanah (TPT) Eten Roseli mengatakan pembebasan lahan sudah dapat dituntaskan pada hari ketiga melalui proses yang kondusif. "Kami bersyukur proses pembebasan lahan tol di Majalengka dapat selesai tepat waktu. Dukungan pemerintah daerah, aparat keamanan dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan ini. Semoga proyek tol ini bisa segera selesai dibangun dan bermanfaat bagi ekonomi masyarakat Majalengka dan sekitarnya," kata Eten saat itu.

Menurut Konsultan Project Management PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Syarif Heri Wibowo mengatakan pada hari ketiga, seluruh lahan yang akan dibebaskan sudah dapat tertembus, tinggal penyelesaian di lapangan diserahkan kepada kontraktor setempat. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN